PROFESI-UNM.COM – Dosen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang tergabung dalam Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UNM membina masyarakat untuk membuat motif jibab dengan Teknik Shibori. Pembinaan itu dilakukan pada warga di Kabupaten Majene Sulawesi Barat, Sabtu (28/5).

Mengusung tema “PKM Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Ekonomi Kreatif Melalui Pelatihan Pembuatan Motif Jilbab Dengan Teknik Shibori di Kabupaten Majene Sulbar” Ketua PKM, Hamidah Suyani mengatakan, alasan diangkatnya judul tesebut adalah untuk mengenalkan dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya ibu-ibu dan remaja putri tentang Teknik Shibori sebagai peluang usaha pembuatan motif pada kain.

Pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan dua tahap yaitu tahap pertama sosialisasi dan pemaparan materi. Kemudian tahap kedua yaitu demonstrasi yang dilanjutkan dengan praktik langsung oleh peserta.

Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk membagi ilmu keterampilan yang dimiliki kepada masyarakat di Kabupaten Majene. Teknik Shibori merupakan suatu hal yang baru dilingkungan masyarakat Kabupaten Majene oleh karena itu hal ini menjadi peluang usaha.

“Dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat khususnya ibu-ibu Rumah Tangga dan Remaja Puteri karena alat, bahan dan Teknik membuat motif pada kain dengan Teknik shibori cukup mudah” katanya.

Ia berharap, ilmu yang diberikan dapat bermanfaat sebagai kontribusi dalam kehidupan masyarakat khususnya peserta pelatihan. Selain itu, setelah pelatihan ini peserta pelatihan diharapkan dapat melanjutkan untuk terus berlatih dan berani untuk membuka usaha karena Teknik Shibori yang diterapkan merupakan ladang usaha besar yang sangat bermanfaat karena ramah lingkungan dan bahan yang dibutuhkan mudah diperoleh serta mudah dalam pembuatannya karena tidak menggunakan mesin.

“Diharapkan juga keterampilan tersebut dapat menjadi peluang bagi ibu-ibu PKK dalam berwirausaha untuk membantu meningkatkan ekonomi keluarga masyarakat,” tutup Hamidah.

PKM ini di bawah bimbingan Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UNM, Bakhrani A. Rauf dan dijalankan bersama dua dosen lain yaitu Irmayanti dan Syarifah Suryana serta dibantu oleh tiga orang mahasiswa. (*)

 *Reporter: Mujahidah