PROFESI-UNM.COM – Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) menggelar Pelatihan Teknik Kontrak Perilaku. Pelatihan dilaksanakan di Kabupaten Sidrap secara luring, Jum’at (27/5).

Pelatihan ini ditujukan bagi guru BK di Kabupaten Sidrap dan merupakan salah satu program Kemitraan Masyarakat (PKM) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM.

Ketua tim pelaksana PKM sekaligus pemateri, Suciani Latif menuturkan pelatihan ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru BK dalam melakukan konseling secara singkat dan efektif, dalam kaitannya untuk membantu individu meningkatkan perilaku yang sesuai dengan lingkungan dan menekan perilaku yang tidak sesuai.

“Dibutuhkan peran guru BK yang professional untuk membantu siswa agar bisa membantu individu untuk meningkatkan perilaku yang adaptif dan menekan perilaku yang maladaptif,” tuturnya.

Dalam paparan materinya, Suciani Latif menjelaskan teknik kontrak perilaku sebagai strategi pemberian layanan BK yang membantu individu meningkatkan kedisiplinan dalam berperilaku.

“Untuk membantu seseorang meningkatkan kedisiplinannya dapat digunakan strategi berupa teknik kontak perilaku,” jelasnya. (*)

*Reporter: Andi Gusmaniar Irnawati