PROFESI-UNM.COM – Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) memberikan Pelatihan Bimbingan Karir melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) oleh LP2M UNM. Pelatihan yang ditujukan bagi guru BK di Kabupaten Sidrap ini digelar secara luring, Jum’at (27/5).

Ketua tim pelaksana PKM sekaligus pemateri, Akhmad Harum mengatakan tujuan kegitan ini untuk meningkatkan keterampilan guru BK dalam melakukan layanan BK terkait internalisasi nilai-nilai kewirausahaan.

“Terkait penyampaian materi serta informasi seputar bagaimana sejak dini perlu dilaksanakan layanan mengenai penguatan karakter kewirausahaan pada siswa yang merupakan bagian dari layanan bimbingan karir siswa disekolah”, katanya.

Lebih lanjut, Ia menuturkan guru BK berperan kuat dalam penguatan karakter berwirausaha siswa yang bisa digunakan dalam menentukan karir atau profesi yang sesuai.

“Dibutuhkan peran guru BK yang professional untuk membantu siswa dalam penguatan karakter berwirausaha yang nantinya dapat digunakan sebagai profesi ataukah pada profesi lain dimana peran guru BK bisa ikut andil dalam menentukan dan memilih karir yang sesuai melalui internalisasi nilai-nilai kewirausahaan,” tuturnya.

Terakhir, Harum menjelaskan Bimbingan Karir melalui Internalisasi Nilai-Nilai Kewirausahaan bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam mempersiapkan diri dan merencanakan karir setelah lulus nantinya.

“Bimbingan karir dengan internalisasi nilai kewirausahaan digunakan mahasiswa untuk persiapan diri dan perencanaan karir nantinya,” jelasnya. (*)

*Reporter: Andi Gusmaniar Irnawati