PROFESI-UNM.COM – Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan  (FIP) menghelat Pelatihan Strategi Problem Solving sebagai Proses Sistematis Layanan BK Bagi Guru MGBK. Pelatihan dilaksanakan secara luring di Kabupaten Sidrap, Kamis (26/5).

Kegiatan yang ditujukan untuk guru BK di Kabupaten Sidrap ini dilakukan sebagai salah satu Program Kemitraan Masyarakat (PKM) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM.

Ketua tim pelaksana PKM sekaligus pemateri dalam pelatihan ini, Muhammad Anas menuturkan kegiatan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir dalam menyelesaikan masalah, sehingga membuat siswa mampu memilih solusi yang terbaik.

“Dibutuhkan peran guru BK yang profesional untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir secara kritis dan analitis dalam menyelesaikan suatu masalah, sehingga dapat membuat siswa memilih solusi terbaik untuk dilakukan,” tuturnya.

Dalam paparan materinya, Anas menjelaskan problem solving adalah salah satu poin yang wajib dimengerti dan merupakan strategi yang cukup bagus untuk lebih mudah memahami materi pelajaran serta dapat meningkatkan aktivitas siswa.

“Strategi yang cukup bagus untuk lebih memahami isi pelajaran, pemecahan masalah dapat meningkatkan aktivitas siswa,” jelasnya. (*)

*Reporter: Andi Gusmaniar Irnawati