PROFESI-UNM.COM – Arti umum marketing adalah suatu sistem kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi, dan mendistribusikan barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai target pasar dan sesuai dengan tujuan bisnis perusahaan. Marketing juga berarti menyesuaikan kemampuan perusahaan dengan kebutuhan para pelanggan demi mencapai tujuan perusahaan berupa profit yang berkelanjutan.

Kegiatan marketing harus disesuaikan dan diselaraskan de ngan anggaran (budget) dan perkiraan penjualan (forecast) untuk mendapatkan untung (profit) bagi perusahaan. Bagian marketing perusahaan atau produk akan mengomunikasikan atribut-atribut produk kepada konsumen melalui marketing communication dan berdasarkan informasi-informasi yang diolah dari berbagai sumber yang dimiliki.

Mengomunikasikan informasi untuk konsumen dapat dilakukan melalui informasi produk dengan iklan, personal selling (direct selling), point of promotion (POP), point of sales (POS), kemasan, media massa, teman atau relasi, dan sumber-sumber lainnya yang memberikan gambaran kepada konsumen agar membeli produk atau jasa tersebut.

Ada empat tahap dalam marketing, yaitu manajemen analisis situasi marketing, perencanaan strategi marketing, pengembangan program marketing, serta pembuatan strategi pelaksanaan dan pengelolaan. Siklus ini akan berulang secara
terus-menerus sampai mencapai target yang ditentukan oleh tim marketing, yaitu top manajemen perusahaan.

(1) Analisis situasi berhubungan dengan pasar dan kompetitor, segmentasi pasar, dan lebih mendalami situasi pasar secara luas.

(2) Perencanaan strategi marketing meliputi target konsumen dan strategi positioning, strategi marketing relationship, dan perencanaan produk-produk baru.

(3) Pengembangan program marketing meliputi pro duk dan servis, distribusi, harga, dan strategi pro mosi yang direncanakan dan dilaksanakan untukmemenuhi target kebutuhan konsumen.

(4) Strategi pelaksanaan dan pengelolaan didesain dan diorganisir, pelaksanaan strategi marketing dan pengawasan pelaksanaan. Analisis situasi marketing akan terus berubah sesuai dengan perkembangan perilaku konsumen, kebutuhan dan gaya hidup, kemajuan teknologi informatika dan komunikasi, pendapatan dan lapangan kerja, pendidikan dan sosial budaya masyarakat dan politik dalam maupun luar negeri serta kondisi perekonomian global.

Data-data pendukung analisis situasi marketing ini dapat diperoleh dari berbagai sumber, mulai dari media massa, media komunikasi, pameran-pameran yang bertaraf nasional maupun lokal, data-data dari Badan Pusat Statistik atau dari hasil kunjungan ke suatu daerah atau negara. Banyak informasi yang dapat diperoleh hanya dengan membaca, melihat, dan mendengar keadaan lingkungan sekitar.

Data-data secara eksklusif bisa diperoleh dengan mengadakan penelitian secara langsung atau penelitian melalui literatur- literatur dari perpustakaan. Data-data tersebut diolah dan dicermati sehingga dapat digunakan sebagai bahan analisis situasi marketing saat ini pada produk, barang, jasa atau bisnis yang akan kita kembangkan.

Adapun tahapan-tahapan dalam marketing yaitu:

  1. Analisis
  2. Perencanaan
  3. Strategi & Taktik
  4. Pengembangan

Tulisan ini dikutip dari buku “Marketing Plan dalam Bisnis” Oleh Ir. FI. Titik Wijayanti, MM halaman 3-5 diterbitkan oleh Elex Media Komputindo tahun 2012. (*)

*Reporter: Mustika Fitri