PROFESI-UNM.COM – Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar seminar proposal penelitian eksternal lembaga. Kegiatan tersebut berlangsung di
Sekolah Dasar Islam Terpadu Khalifah Islamic School of Indonesia, Sabtu (21/5).

Seminar proposal merupakan salah satu program kerja Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) LPM Penalaran UNM. Proposal tersebut merupakan gagasan dan ide kreatif serta merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seluruh staf Divisi Litbang.

Lanjut, Kegiatan itu dihadiri oleh penanggap ahli, anggota, serta alumni LPM Penalaran UNM. Terdapat empat proposal yang berhasil diseminarkan, terdiri dari tiga skema yakni sains, sosial dan pendidikan.

Berikut judul proposal penelitian yang telah diseminarkan:

  1. Formulasi Daun Mangrove Rhizophora Mucronata dan Gel Aloe Vera sebagai Bahan Dasar Pembuatan Paper Soap
  2. Efektivitas Mindfulness Menurunkan Kecemasan Konsumen dalam Berbelanja Online di Masa Pandemi Covid-19
  3. Analisis Penerapan Mitologi Suku Kajang dalam Konservasi Alam
  4. Pengembangan Papan Faktorisasi Berbasis Braille dalam Meningkatkan Efektivitas Pengerjaan Soal KPK dan FBP Siswa Tunanetra SLB-A Yapti Makassar

Lebih lanjut, Sahrul Alam selaku Ketua Divisi Litbang mengungkapkan, proposal yang berhasil diseminarkan itu adalah proposal yang telah melewati beberapa tahapan seperti penentuan ide, Pengajuan TOR proposal, dan penyusunan proposal. Setiap tahapan yang dilalui oleh tim peneliti memiliki tantangan tersendiri yang sangat menguras tenaga, pikiran dan dibutuhkan ketekunan serta semangat yang besar untuk melaluinya.

“Tanggapan serta masukan yang didapatkan pada seminar hari ini juga sangat membantu tim peneliti untuk memperbaiki dan mengarahkan setiap proses tahapan penelitian yang akan mereka laksanakan serta melengkapi apa yang dianggap kurang oleh penanggap ahli,” sambungnya.

Sementara itu, Adil Awal selaku Ketua Umum LPM Penalaran UNM Periode 2022, berharap dengan terlaksananya seminar proposal ini tim peneliti dapat menerima segala masukan dari penanggap ahli dan menjadikan kegiatan ini sebagai langkah awal untuk memberikan hasil penelitian yang bermanfaat bagi lembaga serta masyarakat luas. (*)

*Reporter: Annisa Asy Syam. A