Buku Model Statistika 2, Strustual Equation Modeling (SEM), (Foto- Sumaya Nursyahidah).

PROFESI-UNM.COM – secara prosedural dalam tahapan analisis data akan mengacu pada beberapa hal, yaitu: perolehan informasi yang mudah dipahami melalui proses pengumpulan data atau catatan.

  1. Konsep Analisis Data
    Instrumen dalam pengumpulan metode atau cara sesuai dengan tujuannya antara lain: wawancara, observasi atau pengamatan, kuesioner atau angket dan dokumenter.
  2. Observasi
    Bkt pengumpulan data melalui pengamatan langsung dan kaitan dengan kondisi obyek melibatkan responden sebagai sumber data dan merupakan teknik paling mendasar dan teknik penilaian non tes ting atau tanpa menggunakan alat standar.
  3. Wawancara
    Wawancara merupakan suatu teknik pengumpulan data dengan mengun mengadakan komunikasi atau dialog secara langsung dengan informan terkait dengan tujuan penelitian dan sumber data yang dibutuhkan.
  4. Kuesioner
    Kuesionernya atau angket merupakan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data langsung pada sumber data.
  5. Prinsip umum analisis data
    Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menganalisis data, yaitu:
  • variabel utama apa saja yang akan dianalisis
  • Bagaimana langkah analisis yang akan dilakukan
  • Pemilihan teknik statistika berdasarkan skala Data variabel yang cocok
  • Perhatikan sifat data, berdistribusi
  1. Skala pengukuran
    Fokus dari design penelitian dan analisis statistik adalah studi tentang variabel yang akan diamati dan selanjutnya menentukan bagaimana cara mengukurnya.

Tulisan ini dikutip dari buku “Modul Statistika 2, Strustural Equation Modeling (SEM) oleh Prof. Romansyah Sahabuddin. SE., M.Si dan La Halisu, SE., M.Si, Jurusan Manajemen, halaman 1-4. (*)

*Reporter: Sumaya Nursyahidah