Laman perekrutan fasilitator sekolah penggerak, (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka perekrutan fasilitator program Sekolah Penggerak Angkatan ke-3. Pendaftaran dibuka sejak 21 Maret sampai 14 Mei mendatang.

Fasilitator sekolah penggerak adalah pendamping Kepala Sekolah, Guru/Pendidik, dan Pengawas Sekolah/Penilik untuk mewujudkan sekolah yang berpusat pada murid. Fasilitator mendampingi 3 sampai 8 sekolah dalam 1 kabupaten/kota selama minimal 1 tahun.

Adapun kriteria umum yang harus dipenuhi yakni sebagai berikut:

1) Warga negara Indonesia (WNI);
2) Sehat jasmani dan rohani, dengan melampirkan surat keterangan sehat dari dokter Puskesmas/rumah sakit yang ditandatangani oleh dokter dan diberikan cap (stempel) Puskesmas/rumah sakit tersebut;
3) Berusia minimal 30 (tiga puluh) tahun dan maksimal 65 (enam puluh lima) tahun pada saat mendaftar;
4) Memiliki pengalaman melakukan pendampingan peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah minimal dua tahun;
5) Terbiasa menggunakan teknologi, internet, dan aplikasi.
6) Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan;
7) Memiliki komitmen, semangat perbaikan berkelanjutan, jiwa kolaborasi dan terbuka pada hal-hal baru,
8) Bersedia melakukan kunjungan lapangan;
9) Tidak sedang memiliki peran sebagai pengajar praktik Program Guru Penggerak, fasilitator Program Guru Penggerak, pendaftar Calon Guru Penggerak, asesor Program Guru Penggerak, maupun asesor Program Sekolah Penggerak;
10) Mengisi pakta integritas dan surat izin atasan;
11) Mengunggah surat keterangan sehat dari dokter Puskesmas/rumah sakit yang ditandatangani dokter dan diberikan cap (stempel) Puskesmas/rumah sakit tersebut.

Para pendaftar fasilisator sekolah penggerak akan mengikuti 2 tahap seleksi. Seleksi pertama adalah CV dan essai, kemudian seleksi kedua berupa simulasi melatih dan wawancara.

Informasi lebih lanjut terkait pendaftaran fasilitator Program Sekolah Penggerak ini dapat dilihat pada laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/fasilitator/. (*)

*Reporter: Andi Gusmaniar Irnawati