Perayaan malam puncak Harlah LPM Profesi UNM Ke-45 tahun, (Foto: Dok. Profesi).

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-46 tahun, Kamis (5/5).

Pemimpin Umum LPM Profesi UNM, Muh. Ilham Raihan menuturkan peringatan Harlah akan diadakan sebagai ajang silaturahmi antara para pengelola dan demisioner sehingga tetap menjaga rasa kekeluargaan.

“Kegiatan Harlah ini juga akan menjadi tempat berkumpulnya para pengelola hingga senior LPM Profesi UNM serta menjadi ajang nostalgia bagi para senior,” tambahnya.

Mahasiswa angkatan 2019 itu berharap di usia baru ke-46 tahun ini, LPM Profesi dapat terus menjaga idealisme dan eksistensinya sebagai lembaga pers mahasiswa.

“Mudah-mudahan di usia yang ke-46 ini, LPM Profesi bisa semakin eksis dan tetap menjadi sumber informasi yang terpercaya bagi sivitas akademika terkhusus UNM,” harapnya.

Nah, sepanjang perjalanan lika-liku LPM Profesi sebagai lembaga kuli tinta di UNM, berikut kami sajikan fakta-fakta menarik seputar LPM Profesi.

  1. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tertua di UNM

Berdiri sejak 5 Mei 1976, LPM Profesi  menjadi UKM tertua di UNM yang didirikan oleh Almarhum Abdullah Dolla. LPM profesi juga merupakan lembaga pers mahasiswa tertua di Sulawesi Selatan.

  1. LPM Profesi Memiliki 7 Produk

Tidak hanya bergerak di media cetak atau tabloid saja, saat ini LPM Profesi UNM  juga menghasilkan produk melalui Portal Online, Youtube, Podcast (spotify), Facebook, Twitter, hingga aplikasi tiktok.

  1. Hadirnya Procast (Profesi Podcast)

Sebelumnya, LPM Profesi meluncurkan Profesi FM pada tahun 2001 silam. Saat itu, penggunaan radio sedang marak di kalangan mahasiswa. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman hadir podcast yang lebih trendi di masyarakat termasuk mahasiswa. Oleh karena itu, Profesi memberikan warna baru dengan menghadirkan Procast yang saat ini sudah berjumlah 114 episode.

  1. Menghasilkan Sebanyak 255 Edisi Tabloid Hingga Saat Ini

Terhitung sejak penerbitan awal, LPM Profesi telah menghasilkan sebanyak 255 edisi tabloid hingga saat ini. Semula, tabloid Profesi berisi 8 halaman di tiap edisinya. Namun, sejak beberapa periode terakhir Profesi berinovasi dengan menerbitkan 16 halaman di tiap edisinya.

  1. LPM Profesi UNM Peroleh 5 Penghargaan di Ajang ISPRIMA

Indonesia Student Print Media Awards (ISPRIMA) merupakan ajang pemberian apresiasi bagi sampul muka (cover) produk pers mahasiswa terbaik se-Indonesia. Tercatat, LPM Profesi telah memperoleh 5 penghargaan di ajang tersebut pada tahun 2017, 2018, 2019, 2021, dan 2022. (*)

*Reporter: Mujahidah