Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Gabung Pers Mahasiswa

0
283
Ilustrasi pers mahasiswa, (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Pers mahasiswa sering mendapatkan julukan sebagai mata-mata kampus, jika kita mendalami hal ini sebenarnya tidak salah. Karena hampir semua hal mengenai kampus bukan rahasia pada umumnya, Kamis (28/4).

Keraguan akan padatnya kegiatan hingga tidak memiliki waktu mengerjakan tugas menimbulkan rasa ragu untuk berorganisasi di media pers. Akan tetapi, sebenarnya tidak begitu, yuk simak, 7 keseruan menjadi pers mahasiswa di media pers:

  1. Belajar Menulis yang Baik
    Kamu akan belajar mengenai cara menggunakan ejaan yang tepat, penggunaan huruf dan merangkai kata yang baik dan benar.
    Hal ini memang terlihat sederhana tapi manfaatnya besar dapat memudahkan kamu saat menyusun skripsi dan laporan. Tidak hanya itu, tidak semua orang mampu memahami cara menulis yang baik.
  2. Bertemu Jurnalis yang Hebat
    Kamu berpeluang untuk membangun jaringan dengan para Jurnalis yang handal di bidangnya. Karena kamu akan sering bertemu dengannya di acara diklat jurnalistik.
  3. Terbiasa dengan Target
    Seorang Jurnalis akan belajar untuk terbiasa dengan target, karena biasanya mereka memiliki target liputan mingguan. Jadi, dia cukup terbiasa dengan deadline, yang tentunya membentuk dirinya untuk disiplin dan menghargai waktu.
  4. Kritis
    Secara tidak langsung mereka akan terbentuk menjadi mahasiswa yang kritis, karena mereka sering beradu argumen dengan fakta kampus yang terjadi, dan menanggapi sebuah kebenaran akan fakta, membuat mereka tidak serta merta menelan informasi yang mereka dapat tanpa melalui observasi terlebih dahulu.
  5. Ketemu Orang Penting
    Jika kamu menjadi seorang jurnalis kampus, sudah pasti kamu akan bertemu dengan orang penting semisalkan ketua HIMA, BEM, Kajur, Dekan, Rektor, DPRD, Gubernur, Pengusaha, ataupun yang lain untuk dijadikan sebagai narasumber. Hal yang jarang didapatkan oleh mahasiswa atau organisasi lain, berbicara secara langsung dengan orang penting. Selain mendapatkan narasumber untuk sebuah berita, orang penting tersebut juga dapat dijadikan sebagai relasi untuk masa depanmu nanti. Pastinya ada kebanggaan tersendiri dapat bertemu dengan orang penting.
  6.  Menjadi Sumber Informasi
    Kamu juga dapat menjadi sumber informasi untuk rekan atau teman-temanmu, karena sebagai seorang jurnalis kamu dapat mencari informasi terlebih dahulu dibandingkan dengan temanmu. Kamu juga dapat membagikan informasi melalui media seperti koran, buletin atau majalah yang nanti akan dibaca oleh orang banyak. Kebayangkan bagaimana bangganya tulisan kamu dibaca oleh banyak orang dan syukur-syukur bermanfaat untuk pembaca, aduh pasti bahagia sekali. (*)

*Reporter: Murni

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini