PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama Remaja Mesjid Nurul Ilmi Bulubumbung 2 menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Kegiatan ini digelar di Mesjid Nurul Ilmi Bulubumbung 2, Desa Masammaturu, Kec. Polongbangkeng Utara, Kab. Takalar, Minggu (17/4).

Kegiatan MTQ ini resmi dibuka oleh Kepala Desa Masammaturu, Lukman Nyau pada Sabtu, (16/4). Dengan mengusung tema “Tingkatkan Semangat Beribadah di Bulan Suci Ramadhan dan Mari Mengukir Prestasi di Masa Pandemi”, lomba ini akan digelar dari tanggal 16 hingga 21 April 2022.

Ketua Panitia, Muhammad Yunus mengatakan lomba ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh remaja mesjid untuk meningkatkan semangat anak-anak dalam membaca dan mengamalkan Al-Qur’an.

“Melatih anak-anak untuk dapat belajar membaca dan mengamalkan Al-Qur’an serta tampil di depan umum,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa tahun ini terdapat perbedaan yang cukup signifikan, baik dari jumlah peserta yang mengikuti lomba maupun hadiahnya.

“Baru tahun ini diadakan di masjid kami dengan TPA lain, biasanya kita adakan dengan 1 TPA saja, dikondisikan dana yang tidak mencukupi,” kata Yunus.

Lanjut, Ia juga menyampaikan terima kasihnya kepada KKN UNM yang telah berkolaborasi dalam menyukseskan kegiatan MTQ tersebut.

“Banyak terima kasih juga atas KKN UNM telah berkalaborasi diacara kami sehingga acara ini berjalan dengan Baik,” tuturnya.

Disisi lain, Ketua Posko KKN Andi Agung Quitama Putra berharap kegiatan MTQ ini dapat menjadi wadah bagi peserta untuk mengembangkan dirinya serta menjadi wadah untuk mempererat hubungan antara tokoh-tokoh masyarakat.

“Adik-adik peserta bisa menjadikan ini sebagai ajang pembelajaran untuk mengasah kemampuan mereka, dan juga menjadi ajang silaturahmi bagi para tokoh masyarakat desa,” harapnya.

Adapun jenis lomba dalam kegiatan MTQ ini di antaranya:

  1. Adzan
  2. Kaligrafi
  3. Do’a-doa Harian
  4. Hafalan Surat Pendek
  5. Praktik Shalat
  6. Busana Muslim. (*)

*Reporter: Mustika Fitri