PROFESI-UNM.COM – Masa pendaftaran menjadi peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) 2022 akan berakhir. Besok, Jumat (15/4) akan menjadi hari terakhir bagi siswa untuk melakukan pendaftaran.

Calon peserta UTBK-SBMPTN wajib memiliki akun LTMPT yang sudah disimpan permanen. Pendaftaran UTBK SBMPTN sendiri telah dibuka sejak 23 Maret 2022 lalu. LTMPT menjadwalkan 15 April 2022 sebagai batas terakhir pendaftaran.

Keikutsertaan dalam UTBK sendiri merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN. UTBK 2022 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2020, 2021, dan 2022 dengan umur maksimal 25 tahun.

Melalui SBMPTN, maka perguruan tinggi bisa menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu berdasarkan hasil UTBK dan atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri.

Berikut Tahap Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022:

  1. Registrasi Akun LTMPT Wajib bagi semua calon pendaftar UTBK-SBMPTN menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Login Login dengan menggunakan akun LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Memilih Menu Verifikasi dan Validasi Data Mengisi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata 4. Memilih Menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tahapan ini harus Melengkapi:
    a. Biodata
    b. Memilih Program Studi
    c. Mengunggah Portofolio
    d. Memilih Pusat UTBK PTN
    e. Mendapatkan Slip Pembayaran
  4. Membayar di Bank Pembayaran biaya dilakukan di bank Mitra (Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI) menggunakan slip pembayaran yang harus dilakukan paling lambat 2×24 jam.
  5. Mencetak Kartu Peserta UTBK-SBMPTN Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN untuk mencetak Kartu Peserta UTBK. (*)

*Reporter: Murni