AKBP Widodo saat mengamankan aksi unjuk rasa Aliansi Mahasiswa UNM Bersatu, Senin (11/4). (Foto: Andi Gusmaniar Irnawati)

PROFESI-UNM.COM – Tepat di jalan Andi Pangeran Pettarani Makassar depan Gedung Menara Phinisi Aksi Aliansi Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) Bersatu melakukan unjuk rasa sebanyak 2000 mahasiswa. Kepolisian juga turut hadir dalam mengamankan massa aksi sore tadi, Senin (11/4).

Sejumlah personil polisi mengamankan dan mengawal jalannya aksi yang dilakukan aliansi mahasiswa UNM agar aksi tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Wakil Kepala Kepolisian Sektor (Wakapolsek) Rappocini Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Widodo yang hadir mengamankan aksi aliansi mahasiswa UNM ini menuturkan adanya polisi di sekitaran lokasi aksi ini tentu saja untuk melaksanakan tugas sebagai garda terdepan keamanan aksi unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa agar berjalan lancar dan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Dengan adanya kami disini untuk melakukan pengamanan. Mudah-mudahan berjalan lancar sampai akhir, dan tidak ada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tutur AKBP Widodo.

Lanjut, AKBP Widodo juga mengatakan bahwa sebelum aliansi mahasiswa UNM menggelar unjuk rasa, terlebih dahulu telah menghubungi pihak kepolisian agar mengamankan unjuk rasa.

“Iya sudah menghubungi kami sebelumnya, karena ada surat perintah yang dibagikan kepada anggota untuk mengamankan tiap-tiap titik unjuk rasa,” katanya

Lebih lanjut Wakapolsek Rappocini ini juga mengatakan bahwa pasti akan ada dampak yang ditimbulkan dari unjuk rasa ini, seperti macet di jalan, aktivitas masyarakat terganggu.

“Tentu saja pasti ada dampaknya, kita lihat kendaraan macet total, tidak ada yang bisa bergerak, aktivitas tidak berjalan lancar seperti yang diharapkan,” jelas AKBP Widodo.

Terakhir, AKBP Widodo berharap kepada aliansi mahasiswa UNM agar menggelar unjuk rasa yang tertib dan tidak awut-awutan

“Melaksanakan aksi boleh saja asal tetap tertib. Saya juga berharap kepada adik-adik mahasiswa yang melaksanakan unjuk rasa dapat berjalan aman,” harapnya. (*)

*Reporter: Aliefiah Maghfirah Rahman