ilustrasi stop plagiarisme. (Foto:Int)

PROFESI-UNM.COM – Plagiarisme dalam bentuk tulisan merupakan masalah yang sering terjadi karena mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, untuk mencegah plagiarisme, ada beberapa cara cek plagiarisme dalam teks atau dokumen dengan mudah dan praktis.

Upaya pencegahan plagiarisme terus dilakukan dalam berbagai lingkup, terutama lingkup perguruan tinggi. Untuk mencegah terjadinya plagiarisme, pemerintah membuat aturan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 17 Tahun 2010 (Permendikbud No. 17 Tahun 2010) tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi. Peraturan tersebut berisi pengertian, pencegahan, penanggulangan, serta sanksi bagi siapapun yang berada dalam lingkup perguruan tinggi.

Plagiarisme dalam bentuk tulisan merupakan masalah yang sering terjadi karena mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, untuk mencegah plagiarisme, ada beberapa cara cek plagiarisme dalam teks atau dokumen dengan mudah dan praktis. Berikut penjelasannya.

1.Duplichecker
Duplichecker merupakan situs web untuk cek plagiarisme dengan mudah dan gratis. Kunjungi situs duplichecker.com dan masukkan teks ke dalam kotak pencarian maksimum 1.000 kata per pencarian. Anda juga dapat unggah dokumen atau gunakan alamat situs web. Jika tidak ditemukan kecocokan, akan muncul pesan “No Plagiarism Detected!”. Jika ada kecocokan, Duplichecker akan menampilkan berapa persen jumlah plagiarisme serta sumber teks.

2.Plagiarism Detector
Untuk mengecek plagiarisme gratis bisa dilakukan di situs Plagiarism Detector. Tinggal buka websitenya lalu masukkan teks pada kolom cek plagiarisme atau unggah dokumen. Hasil plagiarisme akan ditampilkan dalam bentuk persentase. Klik “Matched Text” untuk menunjukkan sumber teks yang orisinil.

3.Smallseotools
Smallseotools ini dapat menerima berbagai jenis format file seperti DOC, PDF, TXT dan masih banyak lagi. Smallseotools dilengkapi dengan fitur report. Sehingga Anda bisa melaporkan karya tulis yang mengandung plagiarisme.

4.Copyleaks
Anda juga bisa cek plagiarisme di situs https://copyleaks.com/. Layanan ini biasa digunakan oleh para peneliti sebelum mempublikasi karya tulis mereka karena dinilai akurat. Kelebihan situs copyleaks, yakni memiliki berbagai ratusan pilihan bahasa dan bisa mendukung banyak jenis dokumen. Selain itu, situs ini menggunakan teknologi AI.

5.Plagiarisma
Situs https://plagiarisma.net/ bisa diakses untuk cek plagiarisme gratis. Menariknya lagi, situs ini memiliki lebih dari 190 pilihan bahasa yang bisa dipakai untuk pengecekan plagiarisme. Anda cukup membuka situs. Kemudian, menyalin tulisan pada kolom yang tersedia, atau mengunggah dokumen dan mengecek keaslian tulisan.

6.Copyscape
Copyscape menyediakan aplikasi pengecekan plagiat secara gratis untuk mencari salinan dari halaman website Anda secara online, serta solusi untuk mencegah pencurian dan penipuan konten. Anda tinggal memasukkan alamat URL website dan secara otomatis Copyspace akan melakukan pengecekan tingkat kesamaan konten Anda.

7.Unicheck
Unicheck merupakan salah satu website yang cukup populer dalam hal cek plagiarisme. website ini digunakan di dalam dunia pendidikan, penulis, peneliti, dan juga editor. Website ini cukup sempurna untuk dijadikan sebagai senjata untuk mengecek tingkat plagiat konten atau dokumen. Penawaran yang diberikan seperti pencarian yang akurat dengan mengakses lebih dari 40 milyar halaman web, database edukasi, dan file perpustakaan institusional. (*)

*Reporter: Nur Arrum Suci Katili