PROFESI-UNM.COM – Menjadi mahasiswa dan mendapat penghargaan lulusan terbaik baik di tingkat program studi (Prodi) maupun fakultas adalah impian banyak orang. St. Nurhilmah Busrah lulusan terbaik dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) pada Wisuda Periode Maret 2022, Rabu (30/3) memberikan tips-tips agar menjadi mahasiswa cumlaude.

Wisudawan asal Kabupaten Pinrang ini bercerita tentang proses yang Ia tempuh selama menjalani studi dibangku perkuliahan sampai akhirnya bisa menjadi lulusan terbaik di fakultasnya. Ilma sapaannya menuturkan selama berkuliah hanya fokus pada akademiknya, sedangkan mengikuti organisasi ataupun kepanitiaan cukup terbilang sedikit.

Seluruh mata kuliah wajib dan pilihan tidak ada yang mengulang, itulah cara Ilma dapat menyelesaikan kuliahnya tepat pada waktunya.

“Kemarin diterima di UNM Jurusan Matematika itu lewat jalur SBMPTN. Selama mengikuti perkuliahan hanya fokus pada kuliah saja dan sangat jarang mengikuti kegiatan organisasi dan kepanitiaan.  Alhamdulillah dari semua mata kuliah baik wajib maupun pilihan yang dipilih selama perkuliahan tidak ada yang mengulang,” jelasnya.

Lanjut, Ilma juga berencana setelah lulus Ia ingin melanjutkan studinya ke jenjang Strata Dua (S2). Di samping sedang mempersiapkan diri melanjutkan studinya dan melakukan pendaftaran di salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tanpa menyebutkan lengkapnya, Ilma mencari pekerjaan di sela-sela kesibukan untuk nantinya melanjutkan studi.

“Insya Allah rencananya, sambil mencari lowongan pekerjaan, juga ingin lanjut studi lagi ke jenjang S2. Alhamdulillah ini sudah melakukan pendaftaran di salah satu Perguruan Tinggi Negeri, dan akan melakukan tes masuk bulan depan, semoga hasil yang didapat baik dan sesuai harapan,” katanya.

Terakhir, Ia memberikan sejumlah tips-tips selama proses perkuliahan sampai Ia menjadi lulusan terbaik di fakultasnya. Pertama, perhatikan seluruh mata kuliah yang diprogramkan. Kedua, jangan menganggap remeh salah satu mata kuliah, maksimalkan seluruhnya. Ketiga, maksimalkan seluruh mata kuliah baik yang disukai maupun yang kurang disukai agar hasil yang didapatkan juga maksimal. Keempat, dan yang paling penting adalah jangan menunda tugas, kerjakan se-on time mungkin agar tidak kelabakan nantinya.

“Dari saya cukup perhatikan setiap mata kuliah yg diambil. Berikan yang maksimal pada semuanya. Tidak hanya pada beberapa mata kuliah yang diminati saja tapi tidak mengabaikan beberapa mata kuliah yang kurang diminati, sehingga hasil yang diperoleh juga insya Allah memuaskan. Kemudian jangan pernah menunda-nunda tugas apalagi jika sudah berada di tahap penyusunan tugas akhir,” tutur Ilma. (*)

*Reporter: Aliefiah Maghfirah Rahman