Jadi Wisudawan Terbaik FT, Intip Tips Ronaldo Raih IPK Tinggi

0
173
Ronaldo Tanasal, wisudawan terbaik FT UNM Periode Maret 2022, (Foto: Ist).

PROFESI-UNM.COM – Menjadi wisudawan terbaik tentu adalah impian setiap mahasiswa yang tengah menempuh studi di tingkat perguruan tinggi. Beragam upaya dan tantangan harus dilewati untuk menggapai predikat tersebut. Namun, hal itu tak melunturkan semangat mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) ini menjadi wisudawan terbaik dengan masa studi 3 tahun 4 bulan.

Ronaldo Tanasal, mahasiswa jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi dengan perolehan 3,94. Ronaldo mengaku, gelar yang diperolehnya itu tidak Ia sangka-sangka.

“Kalau untuk target, tidak pernah terpikir sebenarnya kalau bakalan dapat, tetapi hanya berusaha melakukan yang terbaik dan maksimal sesuai potensi diri,” katanya.

Perasaan syukur dan bangga menyelimuti dirinya di hari Ia dikukuhkan sebagai wisudawan terbaik FT UNM.

“Tentunya sangat senang, sangat bersyukur, terharu juga karena bisa membanggakan kedua orang tua dan juga bangga sama diri,” ujarnya.

Tak jarang wisudawan terbaik FT itu mendapat permasalahan-permasalahan dalam menyelesaikan studinya. Namun, hal itu tidak menjadi tembok penghalang baginya untuk tetap melanjutkan perjuangannya.

“Dicari dulu apa inti permasalahannya, baru kemudian mencari solusi tetapi kalau tidak dapat solusinya biasa berdiskusi dengan orang sekitar yang lebih paham seperti orang tua, dosen dan senior,” bebernya saat ditanya mengenai cara dalam mengatasi hambatan dalam perkuliahan.

Memperoleh IPK tertinggi, Ronaldo mengungkapkan Ia selalu mengawali niat pada dalam dirinya, diikuti dengan motivasi, kemudian direalisasikan dengan usaha terbaik dan maksimal untuk segala hal terkait perkuliahan dan mata kuliah.

“Untuk motivasi kita harus selalu mengingat apa yang menjadi tujuan kita untuk kuliah dan orang di belakang kita yang berjuang untuk pendidikan kita dalam artian orang tua. Juga tak kalah penting untuk selalu menjaga relasi baik dengan dosen-dosen. Ketika dosen meminta bantuan dan kesediaan kita sebaiknya kita bisa meluangkan waktu dan bersedia untuk membantu dosen. Karena kelak ketika relasi baik terbangun dengan dosen, pasti dosen juga senang dan dapat melihat potensi dalam diri kita,” jelasnya.

Adapun tips lulus dari Ronaldo untuk kuliah dengan masa studi cepat, Ia mengatakan sebagai mahasiswa wajib untuk melihat peluang-peluang yang ditawarkan pihak universitas dan juga pemerintah. Semisal program Kampus Mengajar yang dapat mengonversi sks. Selain itu, perlu fokus untuk menyelesaikan seluruh mata kuliah yang di programkan dengan tuntas dan hindari pengulangan mata kuliah.

“Skripsi pun sebenarnya bisa diselesaikan dengan cepat jika seseorang memiliki motivasi yang tinggi, jadi kuncinya seseorang harus punya motivasi dan niat karena dari situlah awal kita melangkah,” tutupnya. (*)

*Reporter: Mujahidah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini