Depan gedung PKM UNM, (Foto: Dok. Profesi).

PROFESI-UNM.COM – Sejumlah mahasiswa mengeluhkan fasilitas pada Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) yang tidak layak pakai bahkan sama sekali tak dapat digunakan, mulai dari toilet hingga akses jalannya.

Mengenai hal ini, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama (WR 4), M. Ichsan Ali menjelaskan bahwa PKM secara rutin diperbaiki bahkan akan memberikan fasilitas dengan syarat tidak berkegiatan di malam hari.

“Kita perbaiki semuanya tapi jangan menginap di situ,” kata Ichsan saat ditemui di ruangannya, Senin (21/3).

Ia membahas soal penjelasan yang tertuang di SK Rektor Nomor 1406/UN36/KM/2017 pada Bab VIII pasal 24 bagian tata tertib dan sanksi-sanksi akademik di mana tertulis bahwa “Mahasiswa tidak menyalahgunakan fasilitas kampus seperti bermalam/menginap di kampus kecuali ada kegiatan dan diizinkan oleh pimpinan universitas, fakultas, dan/atau jurusan”.

“Kan ada itu SK Rektor. Baku tarik ulur lagi. Tetap ji mau menginap teman-temanmu yang tidak punya rumah. Heran juga kenapa mau nginap di situ. Kecuali ada kegiatan, ada izin dari WR 3. Tidak ada ji yang melarang.” ucapnya.

Ichsan juga mengatakan, ingin memperbaiki seluruh fasilitas di PKM tersebut. Dengan kata lain, mahasiswa juga harus mengikuti aturan yang berlaku.

“Harus sesuai dengan aturan. Karena mereka tetap ji mau nginap malam-malam. Biar bagaimana kalau tidak terkontrol. Ini kan kampus, bukan pasar toh,” tutur Ichsan.

Lebih lanjut, Ia mengatakan mahasiswa seharusnya bisa bekerja sama dengan pihak kampus yang mana sama-sama merupakan keluarga UNM agar dapat menjadikan kampus lebih baik.

“Kalau kita cipta suasana kampus kan gampang sekali kalau mau ji kerja sama toh. Jangan liat kita ini orang lain,” ujarnya. (*)

*Reporter: Mujahidah