Pamflet Kegiatan Sintesa 2021 (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (FBS UNM) menggelar kegiatan Semangat Intelektual Sambut Mahasiswa (Sintesa) bagi mahasiswa PBSI angkatan 2021.

Kegiatan itu digelar di Taman Wisata, Kalabbirang, Bantimurung Kab. Maros selama 3 hari mulai pada 18 hingga 20 Maret 2022.

Pada Sintesa kali ini, tema yang diangkat yaitu Gerak Langkah Pendidikan Pembebasan demi Mewujudkan Kader yang Humanis dan Progresif dalam Spirit Dialegtis.

Ketua panitia, Muhammad Alif Putra Niagara menjelaskan tema tersebut sebagai salah satu langkah awal untuk berproses di dunia kemahasiswaan.

Sebelumnya, Sintesa sendiri merupakan sebuah program kerja dari Himaprodi PBSI yang berfokus pada bidang keilmuan untuk mahasiswa baru agar ke depannya dapat lebih mudah menghadapi setiap masalahnya.

Terdapat beberapa rangkaian kegiatan pada agenda ini, seperti pembekalan materi, panggung ekspresi, games dan pengukuhan angkatan 2021.

Alif sapaannya, menjelaskan mengenai salah satu rangkaian acara yakni panggung ekspresi yang merupakan kegiatan pementasan bakat oleh peserta.

“Rangkaian acara panggung ekspresi dikatakan sebagai kesempatan bagi mereka (mahasiswa Angkatan 2021) untuk menampilkan bakat-bakatnya. Mereka juga akan kami (pengurus) bantu,” jelasnya.

Terakhir, mahasiswa angkatan 2020 ini berharap agar melalui Sintesa, peserta dapat memperdalam ilmu lewat kematangan diri yang tercermin pada hubungan sesama peserta.

“Dapat memperdalam pengetahuan melalui kematangan diri secara psikologis yang tercermin dalam hubungan sesama mahasiswa dibarengi dengan sikap dan moralitas antar individu dan per kelompok,” harapnya. (*)

*Reporter: Ahmad Husen