PROFESI-UNM.COM – Jadwal penempatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Makassar (UNM) dipastikan akan diumumkan akhir Maret mendatang. Hal ini disampaikan Kepala Pusat KKN-PPL, Arifin Manggau, Rabu (9/3). Momen ini memberikan euforia tersendiri untuk mahasiswa pendaftar KKN.

Tentunya sebelum berangkat ke daerah tempatmu mengabdi, banyak hal yang mesti dipersiapkan. Apalagi yang mendapatkan lokasi terpencil, perlu persiapan yang matang agar bisa nyaman selama berada di lokasi KKN.

Salah seorang mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Hasna mengaku, sudah mulai mempersiapkan keperluan yang akan Ia bawa saat KKN mendatang.

“Banyak mi kupersiapkan, supaya nanti kalau mau berangkat tidak susah mi untuk mempersiapkan barang-barang lagi,” ujar mahasiswa angkatan 2018 itu.

Lain halnya dengan Hasna, Nurhaliza Ramadani mengatakan belum mempersiapkan sama sekali, karena lokasi KKN juga belum ditetapkan.

“Untuk persiapan belum ada sama sekali, nanti kalau sudah ada tempat lokasi KKN baru saya persiapkan,” katanya saat diwawancarai melalui WhatsApp, Rabu (9/3).

Selain persiapan yang diungkap oleh mahasiswa di atas, simak hal yang harus kamu siapkan sebelum berangkat KKN.

  1. Perbaiki Niat
    Sebelum berangkat, coba tanyakan pada hatimu apakah yang menjadi niatmu ikut KKN periode ini. Mungkin ada yang menjawab untuk pemenuhan SKS, untuk mengabdi bahkan ada yang berniat cari jodoh. Meskipun setiap orang memiliki tujuan yang berbeda, namun kamu dan teman-teman sudah memiliki proposal yang ditulis secara jujur, bahwa kamu akan melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Siapkan Mental
    Saat KKN, kalian akan menjalankan program kerja (proker) yang telah disusun. Kamu dan teman-temanmu akan bekerja sama agar proker kalian sukses. Namanya juga manusia pasti berbeda, akan kalian temui sifat asli teman-teman kalian yang membuat KKN lebih berwarna. Belum lagi rasa rindu terhadap keluarga. Jadi, siapkan mentalmu.
  3. Siapkan Rencana dan Deadline
    KKN merupakan tugas kelompok yang harus diselesaikan bersama-sama. Penentu kesuksesan suatu program yang dibawa adalah nama kelompok dan instansi yang menaungimu. Jadi, buat persiapan yang matang. Langkah awal bisa dimulai dari konsep yang akan kamu buat saat KKN, contohnya menetapkan penanggung jawab dari hal terkecil sampai hal yang berkaitan dengan desa yang bersangkutan. Misalnya, ada yang akan menjadi penanggung jawab konsumsi, penanggung jawab lomba, sampai yang akan berkoordinasi dengan desa terkait program yang kamu bawa.
  4. Pelajari Program Kerja
    Jangan sampai kalian malah bingung sama proker yang akan kalian jalankan selama KKN. Pelajari dan diskusikan bersama timmu.
  5. Membawa Barang yang Perlu
    Untuk perlengkapan yang memang dibutuhkan. Jangan sampai sudah bawa banyak barang ujung-ujungnya tak terpakai. Sortir barangmu saat berkemas.
  6. Kenali Wilayah Penempatanmu
    Lakukan observasi di wilayah penempatanmu. Kenali wilayah juga kebiasaan dan kebutuhan warga sekitar. (*)

*Reporter: Murni