Muh. Ilham Dirwan dan Zulkifli Mahasiswa UNM yang meraih Juara 3 Nasional Cabang Debat Kandungan Al-Qur'an dalam Bahasa Inggris di UNY, (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Dua Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil meraih Juara tiga Nasional Cabang Debat Kandungan Al-Qur’an dalam Bahasa Inggris di Kejuaraan MTQ Mahasiswa Nasional Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) 2022.

Dua mahasiswa tersebut ialah Muh. Ilham Dirwan dari Prodi Sastra Inggris Muhammad Zulkifli dari Prodi Pendidikan Matematika.

Melalui perjuangan yang panjang Ia dapat meraih juara tiga. Awalnya mereka dinyatakan tidak bisa mendaftarnya karena kuota tim dari cabang Lomba Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an dalam Bahasa Inggris dinyatakan full. Namun, dua hari sebelum lomba dimulai salah satu tim dari salah satu Universitas mengundurkan diri dan akhirnya tanpa persiapan yang banyak mereka mengikuti lomba tersebut dengan kemampuan yang mereka miliki.

Muh. Ilham Dirwan mengatakan merasa bersyukur dapat mengharumkan nama UNM melalui perolehan tersebut meski di tengah pandemi yang terjadi saat ini.

“Kami juga sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kami selama ini dalam mencapai prestasi tingkat nasional ini,” ujarnya.

Selama dua hari menjelang lomba tersebut, Ia dan Zulkifli dibimbing oleh salah satu senior dari Komunitas Debat UNM dan juga oleh Dosen Pendidikan Bahasa Arab, Ulum. Mereka berdua diajarkan beberapa tafsir dalil Qur’an serta berlatih memaksimalkan struktur pidato yang akan mereka bawakan.

“Alhamdulillah walaupun cuman 2 hari kami bisa tembus ke Grand Final dan bahkan memperoleh juara 3 Nasional,” ungkapnya.

Di Grandfinal tim mereka mendapat posisi sebagai Opening Opposition bersama Universitas Syiah Kuala Aceh sebagai Closing Opposition, sedangkan tim pro yaitu Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Negeri Malang.

Terakhir, Ilham berharap dapat kembali memberikan kontribusi dengan mewakili UNM di ajang perlombaan lainnya. Melalui perolehannya ini Ia juga berharap agar Mahasiswa UNM yang lainnya dapat termotivasi.

“Saya berharap melalui hal ini Mahasiswa UNM lain dapat termotivasi untuk semangat dan lebih produktif agar dapat mencetak prestasi baik di bidang apapun itu,” harapnya.

*Reporter: Mustika Fitri