PROFESI-UNM.COM – Komunitas Riset Mahasiswa (KARISMA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka ruang bagi mahasiswa untuk mempelajari lebih dalam tentang riset, melakukan pengkajian hingga penerapannya.

Komunitas yang berdiri pada 19 Januari 2022 itu dibentuk oleh 8 mahasiswa dari berbagai jurusan di FMIPA UNM.

Kegiatan pertama yang diadakan pada komunitas tersebut adalah Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Workshop tersebut diselenggarakan dalam rangka meningkatkan daya kreativitas mahasiswa sekaligus memperkenalkan komunitas yang baru dibentuk itu.

Salah satu pengurus KARISMA, Faradillah Ruldy menjelaskan komunitas tersebut berinisiatif untuk mengadakan workshop PKM karena belum ada yang fokus pada bidang riset di fakultasnya.

“Kegiatan semacam PKM ini kita akan sediakan wadahnya. Mungkin teman-teman FMIPA juga ada yang mau kaji dasar-dasar riset sampai ke penerapan risetnya dan banyak yang berminat, Insya Allah kami upayakan wadahi,” jelasnya.

Komunitas yang masih berusia dini itu berencana mengadakan berbagai kegiatan terkait riset ke depannya.

“Selanjutnya kami rencana mau buat kegiatan terkait riset lainnya. Untuk workshop PKM seperti ini jika berkesempatan akan menjadi kegiatan tahunannya kami,” kata Fara. (*)

*Reporter: Mujahidah