Hendi Pratama Wakil Rektor IV UNNES jadi pemateri webinar Skripsi Hacks, Sabtu (26/2). (Foto: Aliefiah Maghfirah Rahman)

PROFESI-UNM.COM – CICIL.co.id menyelenggarakan webinar kelas nasional yang membahas tips dan trik skripsi mahasiswa agar lebih mudah dan menyenangkan untuk dikerjakan. Mengusung tema “Skripsi Hacks: Happy Ending Tanpa Bikin Pusing”, webinar tersebut dilakukan via zoom meeting, Sabtu (26/2).

Pemateri pada kelas nasional Cicil itu adalah Hendi Pratama, Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerja Sama (WR IV) Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Pada webinar kali ini, Hendi Pratama memaparkan beberapa life hacks yang dapat memudahkan proses pembuatan skripsi agar mahasiswa lebih enjoy membuat skripsi.

Ia mengungkapkan, jika ingin mengerjakan skripsi lebih mudah dan tidak membuat malas, cara pengerjaannya yaitu dengan melakukan afirmasi diri terlebih dahulu, percaya bahwa bisa menyelesaikan skripsi.

“Hal yang paling pertama harus dilakukan untuk membuat skripsi adalah afirmasi diri kalian dulu, kalian harus meyakinkan diri kalian sendiri bahwa skripsi kalian dapat selesai,” tutur Hendi.

Lanjut, WR IV UNNES ini juga memberikan tips mengenai metode penelitian untuk skripsi yang dapat memudahkan pembuatan skripsi.

“Pilih metode penelitian yang kalian anggap paling dikuasai agar lebih memudahkan pelaksanaan penelitiannya. Kalau anda menyukai metode perhitungan dan angka gunakan metode kuantitatif begitupun sebaliknya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menambahkan bahwa metode penelitian yang baik adalah metode 5W + 1H yaitu metode yang menjawab apa, siapa, kapan, mengapa, di mana, dan bagaimana.

Tips Hendi yang terakhir dan paling utama dalam mengerjakan skripsi yaitu memperkuat aspek kerohanian dalam diri sendiri, seperti memperbanyak ibadah kepada tuhan dan berdoa yang spesifik tentang skripsi yang sedang dikerjakan.

“Dan juga harus sering-sering berdialog kepada diri sendiri guna mengetahui apa yang diri kalian sendiri inginkan,” tutupnya. (*)

*Reporter: Aliefiah Maghfirah Rahman