PROFESI-UNM.COM – Andi Fatimah terpilih menjadi ketua umum Komunitas Debat (KOMBAT) Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam musyawarah besar yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom pada 18-19 Januari. Namun pelantikan digelar secara blended di Ruang Senat Fakultas Bahasa dan Sastra dan via Zoom pada rabu (2/2).

Mahasiswa angkatan 2019 ini terpilih setelah melalui seleksi wawancara dan memenuhi syarat serta ketentuan ketua umum menurut Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kombat. Adapun AD/ART Kombat diantaranya:

  1. Mahasiswa maksimal semester 5 dengan IPK minimum 3,25
  2. Aktif berpartisipasi dalam lomba debat baik regional, nasional, dan internasional
  3. Mengikuti tahap pengaderan
  4. Memiliki loyalitas yang kuat terhadap kombat unm

Dengan visi mengembangkan potensi, minat dan bakat mahasiswa Universitas Negeri Makassar dalam dunia debat sebagai upaya dalam mencetak mahasiswa yang berkualitas, berdaya saing, dan berprestasi dalam dunia debat perkuliahan baik nasional maupun tingkat internasional, Fatimah berencana menggelar kompetisi debat yang dinaungi langsung oleh Kombat.

Lanjut, mahasiswa asal Bulukumba ini mengaku termotivasi untuk memberikan sumbangan nyata dan lebih memajukan Kombat UNM. Selain itu, Ia merasa bangga dan akan berkomitmen karna memiliki tanggung jawab besar sebagai ketua umum.

“Saya berpikir dan yakin dengan menjadi ketua, saya bisa memberikan sumbangsi yang lebih dalam memajukan Kombat. Saya merasa bangga, juga ini tanggung jawab yang besar jadi harus berkomitmen dan menjalankan dengan baik”, tuturnya.

Mahasiswa jurusan Geografi ini juga mengungkapkan tantangan utama sebagai ketua umum adalah membuat organisasi yang solid, karena banyaknya anggota dalam suatu organisasi berarti beragam pendapat, ide, sifat dan sikap. Ia meyakinkan bahwa tantangan ini dihadapi oleh semua organisasi.

“Tantangannya bagaimana merangkul dan mempersatukan semua anggota, karena berorganisasi berarti didalamnya ada banyak kepala, banyak ide, berbagai macam sifat & sikap, dan tidak hanya di kombat tapi saya yakin di semua organisasi hal ini adalah tantangan yang tidak mudah tetapi bukan berarti tidak mungkin”, ungkapnya.

Terakhir, Fatimah berharap Kombat mampu unggul mencetak prestasi dan secepatnya berubah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

“Dapat mencetak prestasi utamanya di bidang debat untuk membawa nama baik kampus dan segera menjadi ukm”, harapnya. (*)

*Reporter: Andi Gusmaniar Irnawati