Salah satu universitas di Turki (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Bagi mahasiswa yang berkeinginan untuk berkuliah di Turki, bisa mengikuti program beasiswa Türkiye Burslari 2022. Beasiswa Türkiye Burslari merupakan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Turki bagi seluruh mahasiswa internasional di seluruh dunia.

Beasiswa tersebut terbuka untuk berbagai jenjang pendidikan S1, S2, hingga S3 dan akan dibiayai secara penuh (fully funded). Beberapa hal yang dicakup dengan beasiswa ini yaitu, biaya kuliah, uang saku bulanan sebanyak 1,5 juta hingga 3 juta untuk masing-masing jenjang pendidikan, akomodasi/tempat tinggal, biaya pesawat pulang-pergi pada awal dan akhir masa studi, kursus bahasa Turki selama setahun, dan memiliki asuransi kesehatan.

Sebelum mendaftar program beasiswa ini, kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  1. Pendaftar merupakan warga internasional yang tidak dan tidak pernah memiliki kewarganegaraan Turki.
  2. Pendaftaran belum pernah atau tidak sedang berstatus sebagai mahasiswa di universitas ataupun perguruan tinggi di Turki.
  3. Pendaftar belum pernah menerima bantuan beasiswa Pemerintah Turki sebelumnya.
  4. Pendaftar untuk program S1 telah menyelesaikan studi jenjang SMA/SMK/Sederajat sebelum bulan September tiap tahunnya. Kemudian, untuk pendaftar program S2 dan S3 harus menyelesaikan sebelumnya dan telah lulus sebelum bulan April di tiap tahunnya.
  5. Usia maksimal 21 tahun per bulan April bagi pendaftar program S1, berusia maksimal 30 tahun per bulan April setiap tahunnya bagi pendaftar program S2 dan berusia maksimal 35 tahun per bulan April setiap tahunnya bagi pendaftar program S3.
  6. Memiliki nilai rata-rata yaitu 70 pada ijazah pendidikan sebelumnya untuk pendaftar program S1, minimal nilai rata-rata 75 pada ijazah pendidikan sebelumnya untuk pendaftar program S2 dan S3. Kemudian, untuk pendaftar di jurusan kedokteran dan farmasi harus memiliki minimal nilai rata-rata 90 pada ijazah pendidikan sebelumnya.

Selanjutnya, ini beberapa persyaratan dokumen yang harus dipenuhi:

  1. Kartu Identitas (KTP atau Paspor)
  2. Pas foto diambil kurang dari setahun lalu
  3. Hasil ujian nasional (jika ada)
  4. Ijazah pendidikan terakhir atau surat keterangan lulus sementara
  5. Transkip nilai
  6. Hasil ujian internasional yaitu SAT, GRE, GMAT, dsb (jika disyaratkan oleh universitas dituju)
  7. Hasil ujian bahasa internasional yaitu IELTS, TOEFL, dsb
  8. Proposal untuk topik riset (khusus S3)

Pendaftaran beasiswa telah dibuka sejak tanggal 10 Januari 2022 – 20 Februari 2022. Untuk lebih lanjut, bisa mengunjungi laman resmi beasiswa yaitu
www.turkiyeburslari.gov.tr/
www.turkiyeburslari.gov.tr/ScholarshipSearch (untuk mengecek daftar jurusan yang tersedia). (*)

*Reporter: Ahmad Husen