Ilustrasi Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, (Foto-Int.)

PROFESI-UNM.COM – Setiap tahunnya LPDP membuka pendaftaran beasiswa untuk mencetak pemimpin dan profesional masa depan. Tingkat persaingannya pun tinggi karena beasiswa ini menjadi incaran seluruh mahasiswa dengan beragam manfaat yang diberikan.

Mulai uang kuliah, tunjangan buku, asuransi hingga biaya hidup selama menempuh pendidikan tinggi. LPDP menyediakan 3 jenis beasiswa. Yakni beasiswa afirmasi, beasiswa targeted dan juga beasiswa umum.

Beasiswa LPDP ini juga menjadi incaran karena tidak hanya memberi kesempatan untuk kuliah di perguruan tinggi dalam negeri. Namun juga mahasiswa bisa mengenyam pendidikan di kampus luar negeri bergengsi kelas dunia.

Dilansir dari Sindonews.com, Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto mengatakan, pendaftaran beasiswa LPDP untuk tahun ajaran 2022/2023 akan digelar sebanyak dua kali. Tahap pertama dibuka pada Februari hingga Maret 2022 dan tahap kedua dibuka pada Juli hingga Agustus 2022.

Tahapan seleksi beasiswa ini, kata Andin, kurang lebih masih sama seperti tahun lalu di antaranya seleksi adminstrasi, seleksi subtansi akademik dan kebangsaan, dan seleksi wawancara.

Berikut tips agar lolos beasiswa LPDP yaitu:

  1. Teliti Saat Mengisi Persyaratan Seleksi Administrasi
    Screening dokumen adalah tahap awal dalam proses penyeleksian beasiswa LPDP ini. Alhasil, kamu harus teliti dalam mengisi dokumen yang dibutuhkan dan jangan sampai terlewat deadline. Persiapkan dokumen persyaratannya pun harus dari jauh-jauh hari karena beasiswa LPDP termasuk beasiswa yang syarat dokumen-dokumennya cukup banyak.
  2. Kuatkan Essay dan Rencana Studi
    Kunci agar kamu lolos seleksi tahap administratif adalah essay yang bagus. Biasanya kalian akan disuruh membuat study plan/rencana studi yang jelas dan terarah. Tentukan program jurusan dan universitas yang kamu incar dengan mantap. Penulisan essay dan rencana studi pun tidak boleh asal-asalan.
  3. Tingkatkan Skor TOEFL dan IELTS Sertifikat bahasa merupakan komponen penting yang wajib dilengkapi peserta beasiswa LPDP 2022. Tahun lalu, minimal skor yang ditetapkan LPDP untuk studi program magister di luar negeri.
  4. Jangan Termakan Hoax, Cari Informasi yang Benar
    Dengan banyaknya informasi yang beredar, kalian juga harus pandai memilah-milah berita dan cari sumber yang jelas. Pastikan semua informasi yang kamu terima benar, kalau ragu silakan tanyakan langsung ke pihak LPDP atau cari mentor yang juga alumni dari beasiswa LPDP ini agar kalian bisa terus dibimbing dan update dengan informasi tersebut. Dengan begitu, kalian bisa tanya-tanya soal kelengkapan dokumen, cara penulisan rencana studi yang baik, dan lainnya.
  5. Letter Of Acceptance
    Jika kalian mempunyai Letter of Acceptance (LoA) atau surat penerimaan di Universitas yang kalian incar maka kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini akan semakin lebih besar. LoA ini akan menjadi nilai plus untuk profilmu juga loh. Cara mendapatkan LoA ini pun beragam, cukup lihat di website kampus incaran masing-masing. (*)

*Reporter: Murni