Foto bersama Kegiatan Baksos Himaprodi PBSI Dema JBSI.
Foto bersama Kegiatan Baksos Himaprodi PBSI Dema JBSI. (Foto: Ist).

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) akan menggelar Himaprodi Mengabdi 2022. Himaprodi Mengabdi adalah kegiatan bakti sosial yang akan digelar di Desa Butta Toa Kabupaten Bantaeng pada 31 Januari – 5 Februari 2021.

Adapun rangkaian item kegiatan terdiri atas lima bagian yaitu Seminar Literasi, Dialog Masyarakat, Kemasyarakatan, Lomba, serta Workshop Media Pembelajaran. Kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Kabupaten Bantaeng.

Seminar Literasi sendiri terdiri atas 3 materi yakni; implementasi merdeka belajar, masa depan guru honorer, dan arah kebijakan pendidikan Bantaeng.

Peserta yang ingin mendaftar dalam kegiatan “Seminar Literasi” Himaprodi Mengabdi 2022 dapat mengakses link pendaftaran https://forms.gle/XvXL89NhEeyGytRz6. Seminar nanti akan dilaksanakan secara luring pada Rabu, 2 Februari 2022 di Kirei Hotel Kab. Bantaeng.

Lalu untuk Dialog Masyarakat juga terdiri atas 3 materi yaitu; kriminalitas dalam masyarakat, masyarakat sadar hukum untuk Bantaeng baik, dan kebijakan pemerintah dalam upaya peningkatan hasil pertanian.

Bagian item Kemasyarakatan terdiri dari; Gerakan Cinta Bahasa Indonesia (GCBI), lapak baca dan pondok literasi, serta pelatihan untuk masyarakat setempat. Adapun untuk item lomba, terdiri dari lomba sepak takraw, sepak bola mini, domino, memasak, digital kontes, puisi, tari, dan dongeng.

Dan item yang terakhir yakni; Workshop Media Pembelajaran untuk Guru SD – SMA se-Kabupaten Bantaeng.

Ketua Panitia Muhammad Fadhalani Tafdila S menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk penerapan dari salah satu Tri Darma perguruan tinggi sehingga kita dapat mengeratkan tali silahturahmi antara satu sama lain. Selain itu, kegiatan baksos ini digelar sebagai bentuk pengabdian kepada warga kabupaten Bantaeng.

“Sebagai bentuk dari salah satu Tri Darma perguruan tinggi, di mana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merekatkan rasa kekerabatan terhadap orang lain. Kegiatan yang diadakan Himaprodi PBSI ini dilakukan dengan tujuan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Kabupaten Bantaeng,” jelasnya. (*)

*Reporter: Nur Arrum Suci Katili