Albert Einstein. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Albert Einstein adalah ilmuwan hebat asal Jerman yang sangat dikagumi oleh banyak orang karena kecerdasannya dan temuan-temuannya yang masih digunakan hingga saat ini.

Tak heran jika banyak orang yang bertanya-tanya tentang bagaimana cara ia belajar, apakah ada cara tertentu dan menjadikannya sebagai sosok yang ingin ditiru dalam hal metode pembelajarannya.

Dilansir dari detik.com berikut delapan metode belajar ala Albert Einstein.

  1. Selalu penasaran dan bertanya segala hal

Einstein adalah seorang pembelajar yang memiliki rasa ingin tahu tinggi. Tidak hanya menelan informasi yang diterima bulat-bulat, ia selalu berusaha mempertanyakan fakta yang ada. Sebab, jika seseorang menerima segala sesuatu tanpa tahu kebenarannya, maka orang itu tidak pernah benar-benar belajar.

  1. Pahami gaya belajar yang tepat

Einstein termasuk orang yang sangat memahami gaya belajar yang cocok untuk dirinya sendiri. Salah satu caranya, ia kerap meminta teman-temannya untuk membuat catatan di kelas ketika ia tengah menyibukkan diri mempelajari fisika dan matematika.

  1. Berada di sekitar orang cerdas

Membiasakan diri berada di sekitar orang-orang hebat dan cerdas. Berada di lingkungan orang-orang cerdas dapat mendorong motivasimu untuk terus belajar. Untuk hal pendidikan dan pembelajarannya, Einstein selalu dikelilingi dengan mentor, guru, dan orang-orang yang umumnya menginspirasi.

  1. Bersikap Masa Bodoh

Ia selalu melatih untuk mengembangkan pemikirannya sendiri tanpa mempedulikan orang lain yang pernah berpendapat mengenai hal yang tengah dipelajarinya. Secara natural, hal itu dapat membangun kebiasaan seseorang untuk selalu belajar.

  1. Melamun

Melamun yang dilakukan Einstein ini diandalkannya saat pemikirannya sedang buntu. Atau bahasa kerennya, stuck. Einstein seakan memberikan ruang untuk otaknya rehat sejenak, sebelum bekerja lebih keras lagi dalam mencari inspirasi dan menuangkan pemikirannya.

  1. Punya banyak minat

Selain fokus pada bidang akademik, Einstein juga handal dalam bidang seni yakni bermain Biola. Memiliki banyak minat ini pun sebenarnya bisa menjadi wadah seseorang untuk mengenal dan mempelajari hal baru. Einstein juga menyikapi hal ini sebagai waktu rehatnya ketika merasa kewalahan atau bosan saat belajar.

  1. Anti drama

Einstein hampir tidak pernah peduli dengan semua peristiwa yang terjadi di sekitarnya terutama berkaitan dengan hal yang mengandung drama baginya. Hal ini bukan memberi contoh keegoisan untuk tidak peduli terhadap lingkungan, tapi membantumu agar tidak terlalu sering terjebak dalam drama yang sering ada di media sosial atau sekitar.

  1. Siap gagal

Ketika mempelajari sesuatu, seseorang harus siap dengan kegagalan dan paham bahwa tidak selamanya selalu berjalan mulus tanpa hambatan. Einstein mengambil hikmah dari kegagalan yang dialaminya. Kemudian, hal tersebut menjadi dasarnya dalam mengambil sebuah keputusan. (*)

*Reporter: Mujahidah