PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa memiliki banyak waktu untuk melakukan hal lain di samping kegiatan perkuliahan, salah satunya mengambil kerja sampingan. Sejumlah pekerjaan ini diketahui bisa dilakukan tanpa mengganggu studi, tertarik coba?

Jam kegiatan belajar saat kuliah berbeda dengan masa SMA. Di bangku kuliah, jam tersebut ditentukan berdasarkan jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) yang diambil oleh mahasiswa. Jam kuliah terhitung lebih fleksibel dan tidak full day seperti saat SMA. Sehingga mereka akan memiliki banyak waktu luang.

Berikut tujuh pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan sambil kuliah. Pekerjaan ini juga diketahui banyak diminati oleh mahasiswa.

  1. Guru bimbingan belajar
    Bagi yang kuliah di jurusan pendidikan atau berminat untuk mengajar, tak ada salahnya mencoba menjadi guru bimbingan belajar (bimbel). Jadwal mengajar juga dapat diatur sendiri disesuaikan dengan kegiatan perkuliahan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadi guru bimbel, di antaranya dengan mendaftar melalui lembaga bimbel atau membuka bimbel privat sendiri. Umumnya siswa banyak membutuhkan guru bimbel untuk mata pelajaran umum atau olimpiade.

  1. Penulis lepas
    Penulis lepas dapat menjadi pekerjaan yang cocok buat yang suka menulis. Tentunya, pekerjaan ini bisa dilakukan sambil kuliah dengan memanfaatkan keterampilan menulis yang dimiliki.

Seorang penulis lepas dapat bekerja untuk media massa maupun perusahaan rintisan yang membutuhkan content writer. Caranya cukup mudah, hanya perlu mengirimkan tulisan ke berbagai media, baik esai hingga opini.

Adapun, untuk content writer, perlu melamar ke perusahaan yang sedang membutuhkan. Informasi lowongan ini dapat dicari dengan mudah melalui situs penelusuran di internet.

  1. Penerjemah
    Penerjemah juga dapat menjadi opsi bagi yang mahir dalam berbahasa asing. Biasanya orang akan banyak mencari penerjemah dokumen hingga teks abstrak penelitian, mulai dari bahasa Inggris, Korea hingga bahasa asing lainnya.
  2. Dropshipper
    Pekerjaan sampingan lain yang bisa dilakukan mahasiswa adalah menjadi dropshipper. Pekerjaan ini cocok bagi yang suka bisnis. Sebagai dropshipper, cukup menjual barang dari produsen dan memasarkannya secara online atau offline.
  3. Content creator
    Mahasiswa pasti sudah tidak asing lagi dengan dunia digital. Dunia tersebut tak lepas dari kebiasaan beraktivitas di media sosial. Hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai sebuah pekerjaan yakni content creator.

Caranya, kamu dapat membuat konten yang banyak diminati oleh mahasiswa, seperti tips meraih beasiswa, tips kuliah sambil bekerja, dan sebagainya. Selain itu, juga bisa melamar ke perusahaan rintisan yang sedang membuka lowongan untuk content creator.

  1. Fotografer
    Jasa foto seakan tiada habisnya dicari oleh orang-orang yang ingin mengabadikan setiap momen berharganya. Buat yang hobi foto ini adalah kesempatan baik yang bisa dilakukan sambil kuliah.

Di lingkungan kampus, bisa menangkap peluang tersebut saat perayaan wisuda. Selain itu, juga bisa membuka penawaran yang lebih luas lagi untuk terjun ke sekolah-sekolah hingga ke acara pernikahan.

  1. Admin Media Sosial
    Semakin banyak bisnis di media sosial otomatis membutuhkan peran seorang admin. Peluang ini bisa manfaatkan sebagai tambahan uang penghasilan. Umumnya, pekerjaan ini bertugas mengelola media sosial, seperti membuat dan mengunggah konten serta melayani pelanggan. (*)

*Reporter: Murni