Cherly Andini jadi juara umum di fashion show PKK FT. (Foto: Ahmad Husen)

PROFESI-UNM.COM – Fashion Show Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik (FT) hadirkan bentuk penghargaan kepada para desainernya. Salah satu desainer yaitu Cherly Andini keluar sebagai juara umum dengan desain yang menampilkan tradisi jawa.

Cherly menjelaskan, desain pakaiannya terinspirasi dari batik kawung yang memiliki pola berbentuk irisan buah kawung atau kolang kaling yang bermakna masyarakat jawa sebaiknya melakukan kebaikan yang tidak perlu diketahui orang lain. Selain itu, motif garuda merupakan simbol perkasa, ketabahan, tumbuh kembang manusia, dan sikap perlindungan yang dilandasi kebijaksanaan.

“Untuk desain twisted classic itu saya dapat yang tradisi jawa. Detailnya ketidakberaturan berpadu dengan gaya klasik elegan. Ada juga aksen anyam dan makrame,” jelasnya.

Selain itu, mahasiswi asal Raha ini sampaikan suka dukanya saat proses pembuatan desain dan baju. Ia mengatakan agak kesulitan dalam memikirkan konsep. Namun, dalam proses jahit menjahit, Ia sama sekali tidak kesulitan.

“Sebenarnya yang makan waktu itu memikirkan sumber ide dan konsep yang akan menjadi sebuah gambar busana. Saat proses pembuatan baju beberapa kali ganti bahan kain karena kurang cocok satu sama lain,” katanya.

Terakhir, Ia berharap dapat terus belajar dan menekuni bidang fashion serta bisa berkembang menjadi desainer yang karya-karyanya diminati masyarakat.

Harapan untuk jurusan PKK semoga bisa semakin baik dan semakin banyak mencetak lulusan yang bisa membuka lapangan kerja dan manfaat bagi orang lain. Untuk fashion show kedepannya semoga bisa lebih baik dan sukses selalu.

“Semoga saya bisa terus belajar dibidang fashion. Kalau harapan untuk jurusan PKK semoga bisa semakin baik dan semakin banyak mencetak lulusan yang bisa membuka lapangan kerja dan manfaat bagi orang lain,” harapnya. (*)

*Reporter: Andi Nurul Izzah Ilham