Seminar program kerja di Kampung Walemping. (Foto: Ist)
Seminar program kerja di Kampung Walemping. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (HimaPPKn) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM) Periode 2021-2022 melakukan Bakti Sosial (Baksos) sebagai simulasi untuk melatih diri dalam mewujudkan Tri darma perguruan tinggi yaitu mengabdi pada masyarakat.

Baksos tersebut diadakan di Kampung Walemping, Kec. Donri-Donri, Kab. Soppeng pada 3 Januari hingga 12 Januari dengan mengangkat tema “PPKn berbakti: Gerak Bersama Wujudkan Masyarakat Madani”.

Ketua Panitia, Nilyatin mengungkap tema tersebut dipilih karena mereka percaya kebersamaan merupakan segalanya.

“Kami percaya bahwa gerak bersama mampu mewujudkan tatanan masyarakat yang lebih baik. Kebersamaan adalah segalanya,” katanya.

Adapun Mahasiswa prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini juga mengungkapkan alasan memilih lokasi baksos itu.

“Lokasi tersebut memenuhi kriteria yang layak sebagai tempat bakti sosial, terutama di bidang pendidikan yang masih bisa dikatakan kurang maksimal di lokasi tersebut.” ungkapnya.

Lebih lanjut, Niyaltin berharap agar masyarakat setempat bisa terus menjaga dan melanjutkan kegiatan-kegiatan tersebut.

“Serta membangun silaturahmi yang baik dengan masyarakat,” tambahnya.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 57 orang dengan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya:

  1. Pembenahan mesjid terutama membersihkan lokasi mesjid, membuat kaligrafi di mesjid, dan membuat papan nama mesjid.
  2. Di sekolah juga melakukan beberapa agenda yakni perbaikan papan nama sekolah, perbaikan papan nama kelas, pembenahan taman sekolah, dan pembuatan taman apotek, mengajar siswa, juga melatih siswa dalam melakukan upacara bendera.
  3. Di Masyarakat agendanya yakni membersihkan lokasi baksos.
  4. Pembuatan rumah baca rakyat. (*)

*Reporter: Mujahidah