Foto Bersama Besse Darmawati dan Penguji (Foto: Ist)
Foto Bersama Besse Darmawati dan Penguji (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (PPS UNM) menggelar Ujian Promosi Doktor atas nama Besse Darmawati di Gedung AD lt. 5 PPS UNM, Jl. Andi Jemma, Makassar, pada Senin (17/1).

Penguji dalam Ujian Promosi Doktor ini adalah Muhammad Basri selaku penguji internal, Sukardi Weda selaku penguji internal, Baso Jabu selaku penguji internal, Fathu Rahman selaku penguji ekternal dari Universitas Hasanuddin, Abd. Halim selaku penguji kopromotor, dan Asfah Rahman selaku penguji promotor.

Promovenda, Besse Darmawati mempertahankan disertasinya berjudul: Literature Based English Instruction in an Indonesian Islamic Junior High School di hadapan 6 penguji. Promovenda menjawab pertanyaan dan komentar dari para penguji promosi dengan sangat mengesankan dan sesekali diikuti tepuk tangan dari para undangan atas kesan dan apresiasi dari penguji atas ketepatan jawaban yang diberikan.

“Saudari promovenda adalah real doctor  (doktor yang sebenarnya),” ungkap Fathu Rahman selaku penguji promosi eksternal.

Sukardi Weda mengajukan beberapa komentar dan pertanyaan tentang pengalaman paling berkesan selama menempuh program doktor. Promovenda, Besse Darmawati menjawab bahwa pengalaman paling berkesan adalah ketika menjalin komunikasi dan berinteraksi dengan para dosen pembimbing dan dosen penguji yang selalu memberikan motivasi untuk berhasil.

“Pengalaman paling berkesan bagi Saya ketika menjalin komunikasi dan berinteraksi dengan para dosen pembimbing dan dosen penguji yang selalu memberikan motivasi untuk berhasil,” ungkapnya.

Sukardi Weda menambahkan bahwa penelitian promovenda sangat menarik karena sastra bukan hanya dinikmati atau menghibur tetapi juga ada pesan – pesan yang disampaikan, seperti pesan moral, sosial, dan lain – lain.

“Penelitian Promovenda sangat menarik banyak pesan moral dan sosial yang disampaikan mengingat sastra sebagai materi otentik dalam pembelajaran bahasa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris,” tambahnya

Besse Darmawati lulus ujian promosi dengan nilai A dan lulus dengan IPK 3,97 dengan predikat sangat memuaskan serta tercatat sebagai doktor ke 1012 PPS UNM dan doktor ke 87 Program Doktor (S3) Pendidikan Bahasa Inggris PPS UNM.

Sebelum mengakhiri prosesi ujian promosi, ada testimoni dari Kepala Balai Bahasa Sulawesi Selatan, Dewi Pridayanti mengatakan Besse Darmawati lahir dari Balai Bahasa Sulawesi Selatan dan berharap Besse Darmawati dapat tetap berkontribusi baik kepada Balai Bahasa Sulsel untuk pembangunan bangsa ini.

“Besse Darmawati adalah pribadi bertalenta, pekerja keras, dan dapat menyelesaikan tugas – tugas yang dipercayakan kepadanya dengan baik”, ujarnya (*)

*Reporter: Fikri Rahmat Utama