Wakil Rektor Bidang Akademik UNM, Hasnawi Haris (Kanan) Saat Menerima Penghargaan di Aula Kemendikbud Ristek Jakarta, (Foto-Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali memberikan prestasi membanggakan. Diajang Dikti Award 2021, UNM dinobatkan sebagai kampus terbaik program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada dua kategori, yakni sebagai kampus dengan pengirim dan penerima terbanyak program pertukaran mahasiswa merdeka dan kampus pelaksana modul nusantara terbanyak di Spada Dikti.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNM, Hasnawi Haris di Aula Kemdikbud Ristek Jakarta yang diserahkan langsung Nizam selaku Plt Dirjen Dikti Kemendikbud, Kamis (13/1) siang.

Selaku penanggung jawab program MBKM, Hasnawi Haris mengatakan penghargaan ini merupakan hasil kerja tim MBKM dan seluruh jajaran di UNM mulai dari rektor, wakil rektor, dekan hingga pimpinan program studi.

UNM mengirimkan 635 mahasiswanya mengikuti program pertukaran di beberapa kampus di Jawa dan Sumatera dan menerima 465 orang mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan di UNM.

Rektor UNM, Husain Syam juga mengapresiasi penghargaan ini. Ia mengatakan award ini menjadi pertanda UNM terus maju dan bersaing dengan universitas terkemuka lainnya di Jawa.

Menurutnya MBKM merupakan program Kemdikbud Ristek yang berorientasi meningkatkan kualitas dan wawasan mahasiswa melalui beberapa program. Salah satunya program pertukaran mahasiswa yang peminatnya ternyata sangat besar.

Ia berharap penghargaan ini bisa menjadi motivasi dan cambuk bagi civitas akademika UNM untuk terus berkarya dan berkreasi demi kemajuan pendidikan dan peradaban bangsa.

“Tentu saya juga mengapresiasi tim MBKM UNM yang telah bekerja keras melalui beberapa program. Award ini buah dari kerja keras itu,” katanya. (*)

*Reporter: Nur Qodriah Syafitri