PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Administrasi Perkantoran berkolaborasi dengan Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Bisnis, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM) melalui program Edupreneur berhasil membuat karya inovatif yakni pengharum ruangan.

Tim yang dikomandoi Riko Guritno dianggotai Christin Monica, Putri Ekawati Yusup, Wahyuni Perdani Cindykiawan dan Witry Qalsum ini membuat produk pengharum ruangan yang di branding dengan nama WASITA.

“Kami menggunakan bahan-bahan dari alam (non kimiawi) seperti bunga lavender, kulit jeruk, serai wangi, mint dan daun pandan,” ucap Riko.

Riko menyebut produknya menggunakan bahan alami agar lebih mudah diolah sehingga dapat mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya di sekitar untuk dijadikan produk yang memiliki nilai jual.

“Saat ini juga banyak produk-produk berbahan kimia yang kurang baik untuk kesehatan,” ungkapnya.

Produk ini memiliki banyak kegunaan, tak hanya sebagai pengharum ruangan juga sebagai pengusir nyamuk. Manfaatnya tentu sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Inovasi dan kreativitas produk WASITA ini berhasil meraih penghargaan sebagai UMKM Terbaik 3 pada kegiatan Expo Kewirausahaan Tahun 2021 UNM.

Capaian ini tentu sangat disyukuri oleh seluruh tim serta Dosen Pembimbing, Muhammad Darwis. Ia menuturkan produk ini memiliki manfaat yang baik dan akan terus menggalakkan kreativitas dan inovasi mahasiswa.

“Program serupa perlu terus digalakkan, termasuk dalam pengembangan hard skill dan soft skill mahasiswa untuk menghasilkan karya-karya yang lebih inovatif lagi ke depan,” ucap Muhammad Darwis, yang juga sebagai Ka Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran itu.

Produk berslogan “Breath The Scent, Feel The Memories” ini dikemas dalam giftbox yang dijual seharga Rp 50.000/2 pcs.

*Reporter: Agatoni Buttang