PROFESI-UNM.COM – Wisudawan terbaik Fakultas Teknik (FT) pada wisuda periode Januari 2022 memberikan tips lulus tepat waktu. Erika Wulandari meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yaitu 3,93 pada wisuda periode Januari 2022, Rabu (12/1).

Erika merupakan mahasiswi program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) angkatan 2018 dengan masa studi 3 tahun 3 bulan. Erika mengatakan hal yang sempat menjadi kendala dalam studinya yaitu pandemi dimana proses perkuliahan harus dialihkan secara daring sehingga membuat dirinya kesulitan dalam hal pelajaran yang harus dipraktekkan secara langsung di Laboratorium.

“Kalau kendala sih waktu kuliah daring, karena praktek dilakukan secara online yg biasanya dilakukan tatap muka. Menurut saya dalam proses pembelajaran apalagi praktek sangat kurang ilmu yg didapatkan,” katanya.

Namun kendala tersebut tidak menyurutkan semangatnya untuk segera menyelesaikan studi. Wanita asal Luwu Timur ini memanfaatkan segala cara untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman, selain mengikut organisasi eksternal kampus Ia juga kerja paruh waktu (cassual) di hotel claro makassar dibagian food and beverage servica (bagian makanan/dapur).

Erika membeberkan tips untuk lulus tepat waktu yaitu harus membagi dan memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik mungkin. Serta memanfaatkan program korversi SKS yang ada dikampus.

“Kembali lagi dari niat awal kita kuliah tujuannya itu untuk apa, jadi kita harus punya tujuan untuk apa kita lulus. belajar pun tidak hanya dibangku kuliah namun kita juga bisa memanfaatkan sarana pembelajaran lainnya,” bebernya.

Mahasiswi angakatan 2018 ini juga mengatakan mengikuti program kampus mengajar di SD ISLAM COKROAMINOTO 1 untuk menyelesaikan studinya dengan cepat.

“Saya mengikuti program kampus mengajar, kemudian kerja cerdas bukan kerja keras. Menurut sama dosen pembimbing dan jahui lingkungan yang toxic,” katanya. (*)

*Reporter: Ema Humaera