PROFESI-UNM.COM – Wisudawan tercepat Universitas Negeri Makassar (UNM) sekaligus wisudawan terbaik Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) menjadi lulusan tercepat periode Januari 2022.

Adryan Andis menyelesaikan masa studi 3 tahun 3 bulan pada program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) FIS-H dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.99 dalam wisuda periode Januari pada Rabu, (12/1).

Mahasiswa angkatan 18 ini mengungkapkan bahwa ia tidak akan bisa menyelesaikan studi dengan cepat tanpa mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Selesaikan 3 tahun 3 bulan kalau tanpa MBKM ya tidak bisa,” ujarnya pada kru profesi.

Program MBKM yang Ia ikuti antara lain Kampus mengajar angkatan 1, Pertukaran mahasiswa merdeka, dan revitalisasi LPTK.

Selain aktif dalam akademik, mahasiswa asal Jeneponto ini juga aktif dalam bidang non-akademik. Ia mengikuti beberapa organisasi di kampus dan luar kampus, seperti perpustakaan Jurusan, Ketua Cendekia Baznas UNM, Lembaga Anti Narkotika (LAN) Jeneponto, Relawan Indonesia Scholarship Center, dan lain-lain.

“Perpustakaan Jurusan PPKN, Ketua cendekia baznas UNM, LAN Jeneponto, Relawan Indonesia Scholarship Center,” sebutnya.

Adryan juga membeberkan tips meraih nilai bagus dan menyelesaikan studi dengan cepat yaitu berencana. Namun dalam berencana harus dibarengi dengan usaha yang konstan.

“Bicara IPK tinggi dan lulus cepat itu masalah rencana, dan semua orang bisa berencana tapi tidak semua bisa konsisten,” bebernya.

Lebih lanjut, Ia mengungkap bahwa dalam meraih sesuatu seperti ingin lulus cepat kita harus memiliki alasan agar dapat konstan dalam melakukan usaha. Misalnya karena kita direndahkan sehingga menjadi motivasi bagi kita untuk sukses.

“Semua harus ada alasan, karena kalau tidak kita ga bakal konsisten. Bisa misalnya karena dihujat atau direndahkan,” ungkapnya. (*)

*Reporter: Nur Arrum Suci Katili