PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam pelaksanaan program Magang Kependidikan 2021. Mengajarkan siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga Makassar mengenai keterampilan berbahasa terutama kecakapan berpikir HOTS dengan metode metakognitif melalui media pembelajaran yang variatif dan produktif.

Tim ini diketuai oleh Lulu Isnaeni, anggota tim Kristiani Tandi Rani dan dosen pembimbing Aswati Asri Judul proposal “Implementasi Model Metakognitif dalam Pembelajaran bahasa Indonesia Berbasis Teks di SMP Islam Athirah Bukit Baruga Makassar”.

Ketua tim, Lulu Isnaeni mengatakan dengan adanya pembelajaran ini mampu mengajarkan siswa tentang pentingnya menggunakan bahasa untuk kepekaan sosial dan peningkatan hasil belajar siswa.

“Tujuannya agar peserta didik dapat menghasilkan dan mengimplementasikan teks selaras dengan kegunaan sosial dan arah hakikat pembelajaran,” katanya.

Mahasiswa FBS ini pun mengatakan dalam pelaksanaan program siswa diajarkan untuk mengenali lingkungan dan kaitannya dalam bahasa Indonesia. Siswa secara aktif berpartisipatif dalam menerapkan media pembelajaran yang variatif. Salah satunya adalah media Jurnal Bahasa Aestetik.

“Kan siswa itu diajarkan untuk membuat karya berbasis lingkungan sekitar, jadi siswa diajarkan untuk membuat karya sesuai dengan apa yang dia temui di sekitarnya. Ya misalkan di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Hal ini didasari oleh kemampuan literasi siswa yang masih cukup rendah.

“Model pembelajaran metakognitif yang berbasis lingkungan dan media fotografi dipilih untuk meningkatkan kemampuan dan mengembangkan penalaran serta kemampuan berbahasa siswa melalui kompetensi menulis siswa yang masih cenderung kurang,” tutur Lulu. (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani