PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menggelar seminar hasil penelitian lembaga dan penelitian anggota di gedung Geografi UNM. Dari penelitian tersebut, dihasilkan 8 penelitian yang telah melalui proses pengambilan data dan dilanjutkan pelaksanaan seminar hasil penelitian.

Ketua Umum UKM LPM Penalaran UNM, Nopri Hidayat mengatakan hasil dari penelitian tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat luas serta publikasi dari penelitian tersebut bisa dimaksimalkan lebih baik lagi ke depannya.

“Alhamdulillah sudah terlaksana seminar hasil penelitian, baik penelitian anggota maupun lembaga,harapan saya semoga penelitian ini bisa berguna dimasyarakat, bahkan kalau perlu bisa dipublikasikan biar lebih luas lagi sebaran informasinya,” kata mahasiswa angkatan 2017 ini, Senin (10/1).

Di sisi lain, Kadiv Litbang, Marianna Renata mengatakan bahwa peneliti yang mengikuti seminar hasil tersebut, baik segala bentuk saran dan masukan dari penanggap ahli diperbaiki sehingga dapat dipublikasikan dan menjadi solusi permasalahan yang ada di masyarakat.

Pelaksanaan seminar hasil terdapat 3 bidang penelitian di antaranya bidang sosial ekonomi, pendidikan dan teknologi. Pada bidang sosial ekonomi terdiri dari dua judul penelitian yakni “Perbandingan Financial Distree pada Perusahaan Food and Beverage LQ-45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) Sebelum dan Saat Pandemi Menggunakan Metode Springate” serta “Analisis Keterlambatan Konstruksi Pembangunan IPAL Kota Makassar”

Sedangkan pada bidang pendidikan terdiri dari tiga judul penelitian yaitu “Eksplorasi Konsep Fisika pada Kuburan Gantung di Tebing Tana Toraja sebagai Pembelajaran Fisika Berbasis Etnosains”, “Strategi Pembelajaran Metode Praktikum SMK Negeri 5 Makassar selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19”, “Implementasi manajemen mutu terpadu di masa pandemi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa MTSN 1 Kota Makassar”.

Terakhir bidang teknologi terdiri dari tiga penelitian yaitu “Rancang Bangun Automatic Mask Machine Menggunakan Sistem Touchless dalam Upaya Pengendalian Penggunaan Masker di Masa Pandemi Covid-19”, “Pengembangan Media Pembelajaran Hicah (Hitung Pecahan) dalam pembelajaran Matematika pada Peserta Didik Tunanetra di Kota Makassar”, “Perancangan aplikasi pembelajaran Aksara Lontara Makassar Berbasis Komik”. (*)

*Reporter: Dewan Ghiyats Yan Galistan A.N