PROFESI-UNM.COM – Program Studi (Prodi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) meraih terbanyak akreditasi A di UNM. Hal ini diungkapkan langsung oleh Dekan FMIPA UNM dalam pidato Dies Natalis yang berlangsung di gedung Sains Square FMIPA UNM pada Rabu, (5/1).

Diantara 12 Prodi di FMIPA UNM terdapat 10 prodi yang memiliki akreditasi A mencapai 83,3 % dan 2 Prodi terakreditasi B mencapai 17,7 %. Dalam rangka meningkatkan status akreditasi, ada 3 prodi akan divitalisasi Lembaga Akreditasi Internasional ASIIN pada tanggal 18 hingga 12 Januari mendatang.

Ada 7 Prodi sudah menyusun Instrumen Suplemen Konversi (ISK) dan akan diusulkan pada bulan Januari 2022 ke BAN-PT untuk konversi akreditasi Unggul, dan 2 prodi yang akan diusulkan reakreditasi melalui Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) yaitu prodi Pendidikan IPA pada bulan Februari 2022 dan Prodi Statistika paling lambat bulan Agustus mendatang.

Dekan FMIPA UNM, Suwardi Annas mengatakan, program pascasarjana UNM telah diajukan pembukaan 4 prodi baru, 2 prodi sudah mendapatkan ijin atau persetujuan dari Kementrian Pendidikan Nasional, Kebudayaan dan Ristek RI yaitu prodi program Doktor (S-3), Pendidikan Biologi dan prodi Program Megister (S-2) Bioteknologi.

“2 prodi sudah mendapatkan ijin atau persetujuan dari Kementrian Pendidikan Nasional serta 2 prodi masih berproses menunggu persetujuan yaitu program Doktor (S-3) Matematika dan Sains Terapan dan Prodi Program Megister (S-2) Statistika Terapan,” katanya.

Berikut 12 prodi akreditasi di FMIPA UNM:

  1. Pendidikan Matematika akreditasi A
  2. Pendidikan Fisika akreditasi A
  3. Pendidikan Kimia akreditasi A
  4. Pendidikan Biologi akreditasi A
  5. Pendidikan Geografi akreditasi A
  6. Matematika akreditasi A
  7. Fisika akreditasi A
  8. Kimia akreditasi A
  9. Biologi akreditasi A
  10. Geografi akreditasi A
  11. Pendidikan IPA akreditasi B
  12. Statistika akreditasi B.

Tahun 2022 direncanakan akan di usulkan prodi baru untuk program (S-1) yaitu prodi Farmasi, prodi Herbal Medicine, prodi Aktuaria dan prodi Ilmu komputer. (*)

*Reporter: Murni