Berikut Lima Cara Melatih Kepercayaan Diri

0
31
Ilustrasi membangun rasa percaya diri (foto : int)

PROFESI-UNM.COM – Kepercayaan diri adalah tools yang sangat kita butuhkan untuk mencapai karir atau masa depan yang sesuai dengan keinginan kita. Tapi banyak banget anak muda yang masih ga percaya diri.

Masih sering tidak pede buat tampil, tidak pede buat bersosialisasi, tidak pede buat mengemukakan pendapat, ga pede buat public speaking, tidak pede buat memulai obrolan, tidak pede buat mengekspresikan karya, tidak pede buat pedekate, bahkan buat post foto sendiri aja, tidak pede banget.

Coba lima hal ini buat melatih kepercayaan dirimu.

  1. Coba Bersosialisasi
    Paksa diri buat keluar rumah, coba mulai bersosialisasi. Ajak bicara orang-orang baru, gak apa kalau gagal di awal pertemuan. Ntar bisa dicoba lagi.
  2. Baca Dua Buku
    Coba mulai membaca 2 buku dengan topic yang sama , lalu share ke teman yang kamu temui. Dengarkan respon mereka, sekali lagi, ketika gagal, jangan berhenti. Coba lagi, dan coba lagi.
  3. Ngobrol ke diri sendiri
    Punya kaca di rumah? Jangan dianggurin, coba liat wajahmu yang cakep itu, sambil pegang wajahmu bilang; kamu cakep, kamu istimewa, kamu orang berpotensi, kamu dicintai, kamu diterima, ga ada ciptaan yang seunik kamu. Kamu special, kamu percaya diri, kamu sukses suatu hari nanti.
  4. Beranikan Diri Tampil
    Challenge dirimu; ketika ikut kelas, training, atau zoom, nyalakan kamera dan mic. Berbicaralah, entah itu bertanya, entah itu menjawab pertanyaan yang dilempar oleh narasumber.
  5. Post Foto Terbaikmu
    Tidak usah tunggu persetujuan orang lain, tidak usah tunggu diterima, tidak usah tunggu ada yang ngedorong; foto dirimu dengan penampilan terbaik, lalu pajang di media sosialmu. Kamu layak kok, buat menghargai dirimu sendiri.

Itulah lima cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kepercayaan pada dirimu menurut Joel Apry dari @Maksimalindiri. Lakukan lima hal tersebut dengan konsisten, dijamin deh kamu bakal merasakan perubahannya. (*)

*Reporter: Nur Lutfiah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini