Buku trik memanfaatkan YouTube untuk bisnis, (Foto: Anita Nur Fadhilah Halid-Profesi).

PROFESI-UNM.COM – Youtube merupakan salah satu media yang sangat di gandrungi oleh seluruh masyarakat. Aplikasi yang memiliki banyak pengguna itu dapat kita gunakan untuk berbagai keperluan seperti berbisnis, misalnya. Berikut terdapat beberapa jenis video di Youtube.

  1. Video yang menginformasikan sesuatu

Video seperti ini memang tidak melakukan “hard selling” terangterangan walaupun juga tidak dapat dipungkiri bahwa secara langsung mengiming-imingi audience lewat pesan yang disajikan. Sebagai contoh, video yang menayangkan sebuah apartemen atau kompleks perumahan yang elit. Di dalam video itu terdapat tayangan tentang keindahan alam, bentuk-bentuk rumah, security system, sampai dengan theme park yang mungkin disediakan oleh pengembang. Lewat informasi-informasi seperti itu, audience menjadi tertarik dan diharapkan melakukan penawaran. Video informatif seperti ini berusaha menyajikan informasi sedetail mungkin termasuk di dalamnya data-data nomor telepon, alamat situs, akun Facebook, dan lain sebagainya.

  1. Video yang Mengedukasi

Video jenis ini sering disebut dengan istilah video tutorial. Fungsinya adalah untuk mengedukasi atau melatih audience agar mampu melakukan yang sama seperti yang disajikan di dalam video tersebut. Jika Anda bergerak di bidang teknologi, maka Anda bisa menyajikan video tutorial Photoshop, misalnya. Ada banyak jenis video edukasi seperti cara mengikat syal, memasang lemari rakitan, sampai memperbaiki sesuatu.

  1. Video yang Menghibur

Video seperti ini memang tujuan utamanya adalah “berjualan” namun dengan pendekatan yang menghibur. Hampir sebagian besar video yang nge-hits di Youtube memiliki unsur hiburan. Sebagai contoh, video advertising yang lucu cenderung lebih dicari dibanding video yang datar walaupun pesan yang ingin disampaikan sama.

Sesuatu dikatakan “menghibur” jika minimal memiliki unsur-unsur seperti ini: lucu, menginspirasi, menyentuh sisi-sisi emosional terdalam sehingga orang menjadi terharu, jatuh cinta, dan seterusnya. (*)

*Reporter: Anita Nur Fadhilah Halid