Foto bersama panitia dan peserta Basic Leadership Education (BLE), (Foto-Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Ekonomi (PE) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Basic Leadership Education (BLE). Kegiatan ini dilakukan bagi Mahasiswa Baru (Maba) angkatan 2021.

Mengusung tema “Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan yang Ceria (Cerdas, edukatif, Religius, Inovatif dan Amanah)” kegiatan ini dilaksanakan di Desa Pacekke, Kabupaten Barru, pada Jum’at hingga Minggu (26–28/11) lalu.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian proses pengkaderan dengan tujuan membentuk kader, menumbuhkan jiwa kepemimpinan mahasiswa baru serta ajang silahturahmi seluruh masyarakat HMPS PE FE UNM.

Anugrah Apriyatno Santung, ketua panitia mengatakan BLE ini sedikit berbeda dengan latihan dasar kepemimpinan pada umumnya. Konsep yang diramu panitia berbasis edukasi dan humanis, sehingga materi yang disajikan berbeda dari sebelumnya. Materi problem solving, creativity, making decision dan public speaking ikut dicantumkan dalam kegiatan ini.

“Melalui kegiatan ini, saya berharap agar kader angkatan 2021 terbentuk menjadi pemimpin sesuai dengan tema kegiatan,” ucap ketua panitia.


Lebih lanjut, Evi Afriani, peserta Basic Leadership Education (BLE) mengatakan melalui kegiatan ini dapat memberikan kesempatan untuk mengenal konsep perjuangan dan solidaritas.

“Kegiatan sebelumnya masih ada yang namanya “uji mental” yang menurut saya sama sekali tidak memberikan manfaat apapun sebelumnya tetapi pada kegiatan ini kami diberi kesempatan untuk membangun relasi baik kepada sesama maba maupun kepada kakak senior,” sebutnya. (*)

*Reporter: Agatoni Buttang