Ilustrasi konseling. (Foto-Int.)

PROFESI-UNM.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (FPsi UNM) dalam salah satu program kerjanya mengadakan Psychology in Action (PIA) Teman Cerita. Program ini berjalan sejak 1 November hingga 31 Desember mendatang.

PIA Teman Cerita hadir sebagai wadah untuk berkeluh kesah melakukan konseling sebaya secara gratis yang komunikasinya dilakukan dengan bercerita.

Tidak hanya itu, bagi yang memiliki gangguan mental ataupun masalah berat, program tersebut juga menyediakan konseling gratis bersama psikolog.

“Setelah beberapa sesi kita tanyakan pada helper-nya (konselor), kalo helper-nya tidak mampu kita rujuk ke Psikolog. Untuk ke Psikolog tetap gratis kecuali ternyata masalahnya berat ki, butuh terapi misalnya nah itu jadi pembicaraan nanti dengan Psikolognya,” ujar Imam selaku Presiden BEM FPsi.

Imam juga mengatakan PIA Cerita juga sebagai bentuk kontribusi dari BEM FPsi terkait maraknya terjadi pelecehan seksual di kampus.

“Itumi kita sudah sampaikan ke LK siapa tau teman-teman punya penyintas (korban) silahkan mi ke sini. Inilah bentuknya kami Psikologi untuk bantu teman-teman,” tuturnya.

Dalam program ini, partisipannya tidak hanya berasal dari Sulawesi bahkan dari luar pulau pun banyak yang mendaftar. Lebih lanjut, konseling tersebut bisa dilakukan secara offline maupun lewat media online (Zoom meeting).

“Tapi untuk sekarang lebih banyak via zoom. Helpee juga bisa di request cowok atau cewek saja,” katanya.

Adapun partisipan PIA Teman Cerita disebut helpee, sedangkan orang yang melayani konseling disini disebut sebagai helper.

Bagi kalian yang butuh teman cerita ataupun konseling dapat mendaftar secara online melalui website: http://Bit.ly/Temanceritaa

Informasi lebih lanjut hubungi:
WA: +62 895-8001-55951 (Titin). (*)

*Reporter: Mujahidah/ Editor: Sumaya Nursyahidah