Nurdin Amir, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, (Foto: Ahmad Husen-Profesi).

PROFESI-UNM.COM – Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Nasional (Pinisi) 2021 akan diselenggarkan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM). Kegiatan ini akan berlangsung secara daring melalui platform zoom meeting pada 10-24 Desember mendatang.

Pinisi 2021 menghadirkan beberapa pemateri luar biasa dan andal di bidang jurnalistik, salah satunya Ketua Aliansi Jurnalis Independen Makassar, Nurdin Amir. Ia akan membahas topik Literasi Digital Tangkal Infodemik di Masa Multikrisis.

Topik tersebut diangkat karena mengingat saat ini kita dihadapkan pada masalah Infodemik (informasi dan epidemi) dimana semakin mudahnya mendapatkan informasi dengan perkembangan teknologi.

Lebih lanjut, dengan menggalaknya berbagai informasi dengan mudah dan cepat, sehingga perlu adanya kemampuan memilah informasi ataupun keakuratan sumber informasi yang diperoleh.

“Untuk itu, literasi digital sangat diperlukan untuk menangkal Infodemik yang saat ini sedang terjadi,” ujar Ema Humaera selaku Ketua Panitia Pinisi 2021.

Ema sapaannya, berharap agar para peserta dapat menyimak dengan baik pembahasan materi yang akan diberikan karena ilmu-ilmu dari pemateri tentunya tidak didapatkan dengan mudah.

“Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan para peserta terkait literasi digital,” ucapnya. (*)

*Reporter: Mujahidah /Editor: Murni