Viringga Prasetya Kusuma, Founder AMATI Indonesia dalam Webinar Nasional Bussiness Project 2021, (Foto-Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Salah satu narasumber dalam Webinar Nasional Bussiness Project 2021, Viringga Prasetyaji Kusuma, Founder AMATI Indonesia membahas topik Learn Canvas for Start Up. Dalam pembahasannya, Ia menyebutkan beberapa tahapan validasi yang penting dilakukan dalam membangun usaha, Selasa (23/11).

Viringga yang juga seorang social entrepreneur itu menjelaskan tahapan-tahapan yang perlu dilakukan dalam membuka usaha diantaranya, problem validation, product validation, market validation, dan kemudian customer validation.

Validation stage adalah sebuah proses pembelajaran dan pengujian asumsi awal (hipotesis) atas ide dan produk secara bertahap, terukur serta dapat ditindak lanjuti, sehingga dapat menghasilkan produk yang dapat diterima pasar dan konsumen.

“Apakah inovasi itu betul-betul dibutuhkan sama market, apakah usaha tersebut relevan dengan marketnya. Kita perlu memastikan apakan inovasi produk itu bisa dilanjutkan atau tidak,” jelasnya.

Lebih lanjut, dalam membangun usaha juga perlu memperhatikan permasalahan apa yang ada di dalam pasar mengenai segmen akan disasar, petakan masalahnya kemudian dikumpulkan masalah mana yang paling dominan, membuat solusinya, rapikan organisasi (bagaimana bentuknya terkait tim marketing) kemudian baru bisa masuk ke segmen yang lebih besar.

Terakhir, Ia menyerukan dalam mengembangkan usaha agar terus berinovasi sesuai dengan kebutuhan pasar.

“Tetap berinovasi agar produk kalian tidak mati ditelan waktu,” imbaunya. (*)

*Reporter: Mujahidah /Editor: Murni