Ilustrasi Networking. (Foto-Int.)

PROFESI-UNM.COM – Kalian pasti penasaran tentang skill apa saja yang sangat dibutuhkan untuk mengembangkan potensi diri. Skill yang bisa digunakan dan dapat membantu kamu dalam menjalani segala sisi kehidupan. Dengan mengembangkan potensi diri melalui skill, kalian bisa dengan mudah diterima di pekerjaan yang diinginkan, bahkan justru kalian yang akan dicari oleh pihak perusahaan.

Nah, untuk itu simak tujuh skill yang sulit dipelajari, tapi bisa bantu kamu selamanya, menurut Joel Apry, seorang mentor dan pembaca kepribadian dikutip dari Instagram @Maksimalindiri.

  1. Konsisten
    Percaya atau nggak, konsisten itu skill (keahlian). Skill untuk tetap fokus melakukan satu hal, secara terus menerus, meskipun belum keliatan hasilnya. Konsisten itu harga paling murah untuk bisa mencapai satu tujuan. Ga ada modal? Tetaplah konsisten.
  2. Positive Self Talk
    Berbicara dengan diri sendiri itu bukan gila, tapi itu penting banget, untuk membangun diri sendiri agar lebih baik. Coba deh, ambil waktu dua menit. Diam sebentar dan katakan: saya cinta diri saya, saya bahagia, saya berharga, saya sukses!
  3. Public speaking
    Mungkin ini agak sulit buat kebanyakan orang, bahkan mungkin kamu yang baca ini juga bingung buat ngomong di depan umum.
    Tapi bagaimanapun skill public speaking sangat dibutuhkan. Skill ini bakal kepake banget di manapun kamu berada dan bekerja.
  4. Networking
    Banyak relasi, banyak rejeki. Itulah kata Pak Chairul Tanjung, Founder dan Owner CT Corp.
    Semakin banyak dan bagus relasi yang kamu punya, semakin banyak kesempatan untuk sukses, dan mencapai apa yang kamu impikan.
  5. Curiousity
    Ternyata, kebanyakan orang sukses, bukan karena dia pintar, tapi karena dia punya rasa ingin tahu yang tinggi. Meskipun dia banyak tahu, tapi dia terus belajar, dan terus menggali dari berbagai sumber dan orang.
  6. Solving problem
    Dimana ada masalah, di situ pasti ada solusi. Dan solusi itu ada harganya, ada nilainya. Semakin kita berpikir kreatif untuk menghasilkan sebuah solusi, maka semakin mahal harga yang dibayar. Gojek, B&B, N*tflix , T*ki, mereka bukan hanya menjual produk dan jasa, tapi mereka menjual solusi, kenyamanan, dan kepuasan.
  7. Mengembangkan Growth Mindset
    Contoh simpelnya gini. Ada orang mau bikin konten, alasannya tools melulu. Gua ga bisa bikin konten, kalau ga ada kamera, leptop, mic, dan lain-lain. Padahal kalau dia udah mulai aja, toh nanti hasilnya bisa beli leptop, kamera, dan lain sebagainya. Intinya adalah, bagaimana kita memiliki keahlian untuk bisa memanfaatkan yang ada untuk memulai sesuatu, dan bisa mendapatkan hasil yang bagus. (*)

*Reporter: Nur Lutfiah /Editor: Murni