Uji coba Smart Parking E-Money, (Foto-Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Dosen dan Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil menciptakan inovasi Smart Parking E-Money. Dosen yang terlibat dalam pengembangan alat ini adalah Satria Gunawan Zain dan Suhartono, serta mahasiswa FT, Salahuddin dan Arif Hidayat.

Satria Gunawan mengatakan fitur pada sistem smart parking ini tak hanya metode pembayaran yang berbasis e-money, tetapi inovasi yang mereka ciptakan juga dilengkapi dengan pelaporan transaksi melalui website yang telah dibangun.

“Ada teknologi cashless menggunakan RFID, kemudian sistem e-money, juga ada pelaporan transaksi di smart parking, sistemnya pakai website, ada databasenya, sehingga pengelola nanti bisa melihat transaksi selama sehari, sebulan, dan seterusnya. Ada sistem informasinya versi online dan versi desktopnya yang terkoneksi,” katanya.

Lebih lanjut, Satria menjelaskan sistem informasi yang dikembangkan pada alat ini dapat menyimpan laporan transaksi. Meski begitu, alat ini hanya dapat diakses oleh pengelola parkir atau pengguna yang memiliki hak akses.

“Sistem informasinya harus melakukan login bagi yang punya hak akses, tidak terbuka untuk umum, hanya pengelola yang bisa login,” jelasnya.

Ia juga membeberkan, sistem informasi pada alat yang Ia kembangkan dilengkapi dengan desktop yang dapat menyimpan data sementara. Dengan begitu, alat ini tetap dapat berjalan meskipun dalam keadaan jaringan internet yang kurang baik.

“Pas jaringan internetnya putus itu pasti akan bermasalah, kalau alat ini tidak. Kalau internetnya putus tetap bisa jalan, karena dia ada versi desktop dan ada versi onlinenya sehingga tidak ada gangguan pada saat ada keluar masuk kendaraan dan jaringannya putus. Jadi, kalau jaringan sudah membaik, barulah semua data dari desktop tadi dikirim ke database,” ujarnya.

Terakhir, Ia berharap inovasi yang ia kembangkan dapat memberikan manfaat dan menarik perhatian mitra serta dapat digunakan oleh masyarakat luas.

“Harapannya, inovasi ini akan semakin banyak diminati,” harapnya. (*)

*Reporter : Trisakti Akbar /Editor: Murni