Foto bersama Mahasiswa KKN Terpadu dengan siswa SMA Negeri 1 Maros, (Foto-Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar workshop tentang pentingnya kesehatan mental di kalangan remaja. Workshop tersebut diadakan di aula SMA Negeri 1 Maros, Senin (22/11).

Sebanyak 30 perwakilan siswa hadir dalam kegiatan yang mengahadirkan Influencer Aya Purnamasari. Selain memberikan materi, Aya juga menceritakan pengalamannya sebagai seorang penyintas.

“Saya juga seorang yang pernah merasakan mental tidak sehat, rasanya nano-nano. Bahkan mempengaruhi ke fisik,” tutur Aya.

Lanjut, Ia berpesan kepada para siswa agar berani speak up ketika merasakan ketidaksimbangan pada mentalnya. Kalau diperlukan, menemui psikolog ada jalan yang bisa ditempuh.

“Kalian harus cerita, jangan di pendam tapi cari orang yang mendengarkan tanpa menghakimi,” katanya.

Setelah pemberian materi, diadakan sharing session sebagai wadah untuk berdiskusi mengenai kesehatan mental. Siswa sangat antusias bertanya dan berbagi pengalaman mengenai permasalahan di kehidupan mereka.

Salah seorang siswa, Natasya mengungkap workshop semacam ini sangat dibutuhkan oleh siswa. Karena selain materi juga diselingi dengan keseruan seperti ice breaking.

“Seru sekali, ada materi, ice breaking dan ada juga deklarasinya,” ujarnya.(*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani