Foto bersama pengurus IKA IAN UNM, (Foto-Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Ikatan Alumni Ilmu Administrasi Negara Universitas Negeri Makassar (IKA IAN UNM) telah melaksanakan Kongres keduanya di Malino, Kabupaten Gowa, Minggu, 21 November kemarin. Muhammad Ilham terpilih sebagai ketua umum baru periode 2021-2023  menggantikan Muhammad Yasir.

Dihadapan para alumni dan sejumlah mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara UNM, Ilham menjabarkan visi-misi yang secara umum bertujuan pada pengembangan sumber daya manusia. Menjadikan IKA IAN UNM kebanggaan para alumni dan almamater, berdaya saing tinggi, serta siap memberi kontribusi positif untuk negeri.

Pria yang menyelesaikan studi Magister Administrasi Publiknya di Pascasarjasana UNM itu juga berjanji ke depan, akan membentuk pusat kajian kebijakan publik. Fokusnya pada kegiatan penelitian di bidang governansi dan kebijakan publik.

“Bisa dalam bentun Unit Kerja Khusus Penelitian dan Inovasi, IKA IAN UNM bisa berkontribusi pada ranah akademik dan praktis. Pada ranah akademik, hasil penelitian dan kajian diarahkan untuk mendukung pengembangan keilmuan administrasi publik,” ucap Ilham dalam keterangan tertulisnya, Senin, 22 November 2021.

Pada ranah praktis, kata Ilham, pusat kajian IKA IAN UNM bisa memberikan masukan kebijakan dan strategi berdasarkan kajian yang bersifat ilmiah. Selain itu, IKA IAN UNM akan berkolaborasi, mendukung klaster riset dengan melibatkan para staf pengajar dan mahasiswa di lingkungan Prodi Administrasi Negara UNM

“Ke depan, kami akan menyediakan forum pelatihan penelitian praktis bagi para mahasiswa dengan menempatkan mahasiswa sebagai Tenaga Pendukung Riset (research assistant) dalam setiap tim peneliti,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan visi itu, Ilham telah menyusun program jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Setidaknya ada tiga misi guna mendukung visi tersebut, yakni memperkokoh sinergi alumni dan program studi untuk mengembangkan almamater. Kedua, meningkatkan potensi alumni secara konprehensif, integral, dan holistik, dan yang ketiga fokus pada pengembangan keilmuan, pendidikan dan minat kewirausahaan.

“Sudah lebih dari 300 Alumni Ilmu Administrasi Negara UNM yang tersebar di seluruh Indonesia. Silaturahmi menjadi dasar yang kemudian hubungan itu akan dikembangkan ke arah yang inovatif dan tentunya positif,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Admonistrasi Negara FIS-H UNM, Dr. Muhammad Guntur berharap sinerginas antara alumni lewat IKA IAN UNM dan pihak prodi bisa terus terjalin. Secara positif, kata dia, pihaknya siap mendukung program-program IKA IAN UNM yang sifatnya searah dengan visi program studi.

“Ada harapan yang kami titipkan kepada para Alumni, semoga ke depan kolaborasi dan sinergitas yang baik bisa terus dipertahankan atau lebih dikembangkan lagi, khususnya di bidang kewirausahaan dengan memanfaatkan SDM yang berjiwa muda dan kreatif,” harapnya.(*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani