Ilustrasi Beasiswa Pendidikan, (Foto-Int.)

PROFESI-UNM.COM – Pemerintah menyediakan beasiswa pendidikan bagi mereka yang terkendala biaya untuk melanjutkan ke jenjang S1, S2 atau S3, berikut informasinya. Beasiswa adalah salah satu cara Pemerintah untuk meratakan pendidikan bagi siapapun.

Pelajar atau mahasiswa diharapkan untuk memanfaatkan program beasiswa Pemerintah ini untuk mendapatkan pendidikan yang layak.
Beasiswa pemerintah ini diberikan setiap tahun secara penuh untuk jenjang S1 hingga S3.
Artinya, tidak hanya diringankan biaya kuliahnya saja, namun, mahasiswa juga akan diberi bantuan biaya hidup selama perkuliahan.

Untuk mendaftar beasiswa pendidikan dari Pemerintah ini, tentu ada syarat dan berkas yang harus dikumpulkan.
Berikut informasi beasiswa pendidikan dari Pemerintah.

  1. Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek
    Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek dibuka untuk untuk jenjang Sarjana, Magister, dan Doktoral. Biasanya, pendaftaran ini dibuka antara bulan Juni atau Juli hingga Agustus.
    Ada empat jenis beasiswa yang ditawarkan dalam program ini yaitu beasiswa bagi masyarakat berprestasi, beasiswa bagi pegawai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, beasiswa bagi penyandang disabilitas, dan beasiswa penghargaan. Informasi tentang Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek ini bisa dilihat di laman puslapdik.kemendikbud.go.id.
  2. Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah
    Beasiswa KIP-Kuliah memberikan akses kepada seluruh siswa di Indonesia untuk menggapai cita-cita melalui pendidikan tinggi. 
    Beasiswa KIP-Kuliah ini berlaku untuk jalur seleksi masuk perguruan tinggi SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Seleksi mandiri PTN dan seleksi mandiri PTS.

Syarat penerima KIP-KULIAH adalah sebagai berikut.
a. Siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;
b. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
c. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP;
d. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera;
e. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.
Informasi lebih lanjut beasiswa KIP-Kuliah ini bisa dilihat di laman kemendikbudristek atau klik link berikut.

  1. Beasiswa LPDP
    Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN). Beasiswa ini dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri.

Pendaftaran beasiswa dilaksanakan secara online dengan cara mengisi formulir pendaftaran, dan mengunggah semua dokumen kelengkapannya pada laman resmi LPDP di www.beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.
Berikut beberapa jenis beasiswa LPDP yang ditawarkan:
Beasiswa Afirmasi
a. Beasiswa Daerah Afirmasi.
b. Beasiswa Indonesia Timur
c. Beasiswa Penyandang Disabilitas
d. Beasiswa Prasejahtera Berprestasi
e. Beasiswa Alumni Bidikmisi.
f. Beasiswa Prestasi Olahraga Internasional
g. Beasiswa Prestasi Seni Internasional
h. Beasiswa Santri

Beasiswa Targeted Group

  1. Beasiswa PNS/TNI/POLRI.
  2. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) / Beasiswa Pendidik
  3. Beasiswa Olimpiade Internasional.

Beasiswa Umum
a. Beasiswa Reguler
b. Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia
c. Beasiswa Dokter Spesialis
d. Beasiswa Disertasi. (*)

*Reporter: Murni