Juri National Business Plan Competition
Juri National Business Plan Competition, (Foto-Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Setelah melalui serangkaian proses, Business Project 2021 sampai pada item lomba National Business Plan Competition (NBPC). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis (HIMANIS) ini merupakan item kegiatan dimana finalis yang berhasil lolos akan mempresentasikan ide bisnisnya.

Menurut Farid Hidayat, Ketua Panitia Business Project 2021, sistem penilaian NBPC merupakan hasil penjumlahan dari Business Model Canvas (BMC), Fullpaper, Presentasi, dan Poster.

“Untuk sistem penilaiannya kami akumulasi dari BMC, Fullpaper dan presentasi peserta serta poster,” katanya.

Lebih lanjut, Mahasiswa angkatan 2020 ini menjelaskan untuk format penilaian saat presentasi meliputi ide bisnis, analisis peluang pasar terhadap ide bisnis, dan lain sebagainya. Dan juga ada sesi tanya jawab dari dewan juri.

Farid menjelaskan ada 130 pendaftar pada item lomba NBPC namun setelah tahap penyaringan menyisihkan 10 finalis yang berhasil lolos untuk selanjutnya akan mempresentasikan proposal bisnisnya.

“Ada tiga tahapan yang pertama penyeleksian BMC, yang kedua penyeleksian fullpaper, dan yang terakhir babak presentasi 10 besar finalis dan untuk jurinya itu ada 3 orang kak yang kami pilih,” jelasnya.

“Semoga bisa memperkuat jiwa entrepreneurship-nya dan bisa berpengaruh kepada orang-orang disekitarnya dan juga saya berharap semoga bisnis yang telah mereka presentasikan dapat mereka implementasikan di dalam ruang lingkup masyarakat,” kata Farid. (*)

*Reporter: Nur Qodriah Syafitri/Editor: Mustika Fitri